Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh,
Pada saat saya kuliah Manajemen, saya bertanya kepada dosen saya Bagaimana jika ada usaha memperoleh jabatan dalam sebuah Organisasi baik Pemerintah maupun Non Pemerintah dengan tujuan memperbaiki sistem yang sudah rusak menjadi lebih baik, tetapi cara melobi pakai uang. Dosen saya menjawab secara manajemen karena beliau pakarnya. Tidak boleh meskipun niat untuk memperbaiki karena tidak berkeadilan dan bisa menghilangkan hak orang lain. Yang lebih baik harus ada analisa jabatan supaya sesuai dengan kualifikasi ijazah, sertifikat, capable dan akseptabel serta kebijakan penilai.
Pengalaman menarik dialog saya dengan seorang tokoh masyarakat di Desa saya. Pertanyaan yang saya ajukan, bagaimana jika kita masuk kerja atau memperoleh jabatan ada yang beking dengan meminta sejumlah uang atau hadiah. Tokoh tersebut menjawab dengan logika berfikir begini: Jika kita berjalan di sebuah lorong mendapati seekor Anjing yang sangat galak, maka untuk bisa melewati lorong tersebut lempar saja umpan untuk anjing tersebut supaya mulus melewati lorong. Begitu jawaban beliau, jadi maknanya anjing itu sebagai penghambat jalan menuju ujung lorong. supaya jangan galak beri umpan, jadi identik dengan mental Anjing jika ada oknum yang menzalimi orang lain.  
Pertanyaan kepada Syaikh dalam sebuah kajian dan konsultasi Agama Islam, Jika ada yang membeli jabatan baik eksekutif maupun legislatif atau jabatan lainnya dalam sebuah Organisasi bagaimana hukumnya. Syaikh menjawab. Jangankan membeli meminta bantu saja haram jika untuk kepentingan pribadi, termasuk serangan fajar dalam sebuah  pemilihan. Tetapi jika untuk kepentingan umum boleh meminta bantu untuk menggolkan sebuah program. Syaikh melanjutkan termasuk memberi fee dan menerima fee itu hukumnya haram. Silahkan anda analisa sendiri dari beberapa jawaban pada dialog di atas, sehingga tidak salah langkah dan arah dalam meniti hidup dan kehidupan yang fana ini. Jabatan adalah amanah dan titipan.

Demikian sekelumit pengalaman saya, yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga kita termotivasi untuk melakukan hal-hal yang positif dan sesuai aturan dan regulasinya, dan sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasulullah.

Lhokseumawe, 13 Januari 2020, by:mukhtarilyas