Hai teman,
Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh,  semoga hari ini kita bisa kembali bekerja untuk melanjutkan pekerjaan yang tertunda. Memenuhi janji hari ini dan menyelesaikan masalah dengan bijak. Sebelum membuat keputusan, pertimbangkan saran staf Anda.

Banyak keputusan yang tidak efektif disebabkan oleh data dan informasi yang tidak valid. Data yang valid sangat mendukung dalam mengambil keputusan termasuk memperhatikan berbagai regulasi yang sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Seorang manajer tidak perlu memaksakan kehendak dalam suatu keputusan jika itu bukan untuk kepentingan organisasi. 

Jika saran dan program dari staf Anda dapat berdampak pada organisasi, silahkan dipertimbangkan dalam mengambil keputusan. Keberhasilan suatu proyek adalah keberhasilan pimpinan walaupun itu dicapai atas masukan dan kerja sama dengan staf. 

Setiap kebijakan yang diambil oleh Pimpinan mesti diawali oleh informasi dan data yang mendukung, harapan setiap kebijakan harus efektif. Jika tidak bisa diduga ada informasi yang tidak valid. Hati-hati dalam mensikapi dan memecahkan masalah, perhatikan aturan dan regulasinya.

Demikian yang dapat saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat. Saran dan komentar anda kami tunggu. (by:mukhtarilyas)