guree.id, 3 April 2020

Hai sahabat guree.id, semoga kita semua hari ini lebih baik. Peluang berbuat baik cukup banyak di sekeliling kita, membuang duri di jalan, menasehati teman, memberi kesempatan kepada orang lain, dengan kita bersabar, memberikan informasi yang bermanfaat kepada orang lain, bersedekah, termasuk senyum. Semua itu perlu kita jemput dan lakukan karena tidak mungkin datang sendiri jika tidak ada inisiatif dari kita.

Ada peluang kebaikan yang sangat dekat dengan kehidupan kita apakah kita sanggup menjemputnya yaitu berbuat baik untuk keluarga, Orang tua, anak dan Isteri/suami. Fokus kita kali ini berbuat baik untuk orang tua kita, Ibu dan Ayah kita. Mari kita evaluasi kembali semenjak kita dilahirkan sampai kita dinikahkan, kemudian semenjak kita berumah tangga sampai dengan sekarang, apakah kita sudah melakukan hal-hal terbaik buat orang tua kita. Dalam rangka memuliakan, berbuat baik dan menghormati orang tua kata-kata ah saja tidak boleh apalagi yang lain.

Mencukupi kebutuhan hidup, memberikan kasih sayang, melayani kesehatannya, mengingatkan itu termasuk kewajiban seorang anak buat ibu bapaknya. Banyak diantara kita yang sangat dilematis dalam memilahkan kebutuhan anak dan isteri dengan kebutuhan orang tua kita. Betapa banyak kewajiban terhadap orang tua yang terabaikan selama ini disebabkan sangat memprioritaskan kebutuhan sekunder anak dan isteri dibandingkan dengan kebutuhan primer ibu dan bapak kita. Ibu dan bapak kita sudah tidak produktif lagi maka kewajiban itu ada pada anaknya. Apakah selama ini kita pernah mengalokasikan sedikit anggaran rutin dari rezeki yang Allah berikan kepada kita setiap bulan buat ibu bapak kita, apakah kita pernah membawa orangtua kita untuk berobat, apakah kita pernah membawa orangtua kita untuk bersenang-senang, apakah kita pernah membeli  baju buat orang tua kita?.

Jembatan menuju Surga Allah ada di depan kita, yaitu berbuat baik kepada ibu bapak kita, perintah berbuat baik kepada orang tua berulang kali dalam Al-Quran Allah berfirman, mulai dari Surat Al-Baqarah 83,180 dan 215. Surat An-Nisa 36, Surat An-Na’am 151, Surat Isra’ 23 dan 24, Surat Al-Ahkaf 15, Surat Al-Alkabut 8, Surat Luqman 14, Surat Ibrahim 41, Surat An Naml 10 dan Surat Nuh 28.

Dalam perintah berbuat baik kepada kedua orang tua firman Allah selalu diawali dengan menyembah Allah dan bersyukur kepada Allah, baru berbuat baik kepada ibu bapak kita. Seperti dalam Surat Al-Baqarah “Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israel (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling. (QS: Al-Baqarah 83)”

Lebih spesial lagi Allah berfirman dalam Surat Luqman “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS : Luqman 14)”

Sahabat guree.id, berbakti kepada orang tua harus direncanakan dengan baik, tidak bisa kapan ada rezeki lebih untuk bisa berbagi dengan orang tua, ada niat dan rencana yang baik Allah akan memberikan kemudahan kepada kita untuk menuju surgaNya melalui berbakti kepada ibu bapak kita. Untuk itu sahabat mari kita alokasikan waktu, tenaga dan anggaran yang rutin untuk menuju Surga. Katakanlah orang tua kita mampu dari sisi ekonomi tetapi beda dengan pemberian kita Walaupun sedikit, orang tua merasa bangga dan senang. 

Berbahagialah bagi sahabat yang masih memiliki orang tua, jangan sia-siakan kesempatan yang ada, sekecil apapun kebaikan akan Allah catatkan dalam buku amal kita. Dan bagi yang orangtuanya sudah tiada berbuat baiklah kepada keluarga ibu bapak yaitu pakcik dan makcik kita, dan do’a anak yang saleh yang selalu kita mohon agar kubur ibu bapak kita  menjadi taman syurga. Aamiiin.

Demikian, semoga dapat menjadi motivasi bagi penulis dan sahabat guree.id. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Akhir kata kepada Allah saya mohon ampun, atas kesalahan dan kekhilafan.

Referensi:

1. Al-Quran dan Terjemahan

2[http://liputanislam.com/keluarga/perintah-birrul-walidain-dalam-al-quran/](http://liputanislam.com/keluarga/perintah-birrul-walidain-dalam-al-quran/)