Guree.id, Lhokseumawe,12 April 2020, Berbicara hidup dan kehidupan ini tidak pernah berakhir sebelum waktunya tiba. Berbagai persoalan kita saksikan dan bahkan kita rasakan sendiri dalam menjalani hidup. Kita baca di media ada siswa yang pukul gurunya dan guru pukul siswa nya, ada anak yang bunuh orang tuanya dan ada orang tua yang bunuh keluarganya. Ada pasangan yang selingkuh, ada perceraian suami dengan isteri. Belum lagi musibah yang melanda negeri kita dan dunia saat ini dengan dahsyatnya pergerakan Covid-19. Itu juga masalah, sahabat guree.id belum pernah dalam sejarah hidup kita, gerak harus dibatasi atau stay at home. Semoga musibah global ini cepat berlalu dari muka bumi ini.

Di sisi lain, di mana kita beraktifitas cukup sarat dengan masalah baik sesama kolega atau atasan dengan bawahan. Dan pekerjaan rutin pribadi pun kadang jadi masalah. Itulah hidup, jika hidup tanpa masalah bukan kehidupan namanya. Tetapi masalah harus diselesaikan dan dimanej  sedemikian rupa, jangan lari dari masalah, masalah harus dikelola. 

Semasa kita masih hidup masalah tidak pernah berakhir, belum selesai satu episode sudah muncul episode yang lain yang harus diselesaikan. Apalagi masalah rutinitas keluarga yang segudang persoalan dan pekerjaan mulai dari membangun kan anak, menyiapkan sarapannya, mengantar ke sekolah dan menjemput, mendampingi buat PR. Belum lagi mengurus suami/isteri, pokoknya sangat banyak jika ditulis. Apakah itu masalah, tergantung cara pandang kita,  lebih beruntung apabila jika memposisikan aktifitas tesebut sebagai ladang ibadah. Semua masalah akan berakhir di dunia ini ketika sudah tutup usia dan kita akan menghadapi alam kubur dan alam akhirat. Pertanyaannya adalah apakah semua yang kita kerjakan bisa menjadi nilai ibadah, ini tergantung pada nurani masing-masing, bagaimana meniatkannya.

Bosan, jenuh, ketus dan segala macam predikat hidup ini jalani saja, jangan pernah mengeluh dan putus ada. Usahakan tulus dan ikhlas supaya ada ganjaran menjadi nilai ibadah dari Allah.

Demikian, semoga bermanfaat, mohon kritik dan saran serta komentar anda sahabat guree.id

MARI CEGAH COVID-19, STAY AT HOME