Guree.id, Lhokseumawe, 7 Mei 2020, Setiap manusia mendambakan menjadi manusia yang baik dan bermartabat. Menjadi  manusia yang berguna bagi orang lain. Setiap insan mendambakan panjang umur dan berbuat baik, dan orang yang dapat memberi kenyamanan kepada orang lain. Menjadi orang yang menepati janji dan menunaikan hutangnya. 

Sahabat guree.id ada beberapa kriteria manusia yang baik menurut Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam. 

Sebaik baik kalian adalah yang paling panjang umurnya, dan paling baik anaknya” (Hadits hasan diriwayatkan oleh Ibnu Gibran no 2981). 

“Orang yang baik adalah orang yang dirindukan kebaikannya (oleh orang lain) dari keburukannya. Dan seburuk buruk kalian adalah dia yang tidak diharapkan dia akan berbuat baik, dan tidak dirasa nyaman dengan perbuatan buruknya” (Imam Al-Baihaqy no 11268 dan At-Tirmidzi no 63).


“Sesungguhnya sebaik baik kalian adalah yang paling baik dalam membayarkan hutangnya” (Imam Muslim no 1601). 


Rasulullah memberi contoh bahwa beliau paling baik terhadap keluarganya, sebaiknya kita mengikutinya 

“Sebaik baik keislaman kalian adalah yang paling baik akhlaknya, apabila mereka memahaminya” (Imam Ahmad no.10066). 

“Sebaik baik kalian adalah orang yang senantiasa melindungi keluarga, kaum, dan sukunya selama tidak dalam perbuatan dosa”(Abu Dawud no 5122). Melindungi keluarga dari ancaman aqidah dan kemaslahatan hidup lainnya. Sadarkah kita sudah sejauh mana berbuat baik untuk mereka, memberi rasa nyaman kepada mereka. Apa ia: kita sudah dalam kategori baik. Belum terlambat sahabat mari kita peduli dengan keluarga, saudara kita. Sekecil apapun action kita akan berguna buat mereka.

“Sebaik baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengamalkannya” (Imam Al-Bukhari no 5027). Apakah kita termasuk dalam Majlis belajar Al-Quran dan mengamalkannya.

Semua sabda Rasulullah di atas adalah kriteria dan predikat manusia yang baik. Berada di jenjang manakah kita, sahabat guree.id bisa  mengukur diri sendiri dan bisa menjadi motivasi untuk berbuat baik dan menjadi Insan yang baik sesuai sunnah Rasulullah. Mulailah berbuat lebih banyak kebaikan, sekecil apapun kebaikan tersebut.

Demikian,  semoga dapat menjadi motivasi bagi penulis sendiri dan dapat bermanfaat bagi sahabat guree.id.