Guree.id, Lhokseumawe, 22 Juni 2020, Hai sahabat guree.id  apakabar di hari ini semoga lebih bersemangat, dan semoga  pekerjaan anda hari ini selesai sesuai rencana.

Menurut The Liang Gie Ilmu adalah suatu aktivitas peneletian dengan metode ilmiah yang mengahasilkan pengetahuan sistematis.

Ilmu sebagai hasil berupa pengetahuan sistematis

Ilmu sebagai aktivitas penelitian dilanjutkan dengan prosedur penelitian akhirnya keluar produk berupa pengetahuan ilmiah (scientific knowledge). Jadi ilmu merupakan pengetahuan. 

Pengetahuan adalah keseluruhan keterangan dan ide yang terkandung dalam pernyataan-pernyataan yang dibuat mengenai sesuatu gejala/peristiwa baik bersifat alamiah, maupun keorangan.  Jadi, pengetahuan menunjuk   pada sesuatu yang merupakan isi substantif yang terrkandung dalam ilmu.

Setiap ilmu menurut salah satu maknanya adalah pengetahuan. Pengetahuan itu mengenai   sesuatu   pokok soal dan berdasarkan suatu titik pusat minat yang menuju suatu  sasaran telaah yang sesuai dari ilmu yang bersangkutan. Dapat disimpulkan bahwa ilmu berciri empiris, sistematis, objektif, analitis dan verifikatif.

Kaitan ketiga aspek diatas yaitu aspek aktifitas, aspek prosedur dan askpek hasil menurut The Liang Gie bahwa ilmu dimulai sebagai serangkaian aktivitas budi manusia yang intelektual    dan berakhir sebagai sekelompok pengetahuan sistematis yang mempunyai berbagai ciri seperti tersebut di atas . Definisi ilmu rumusan The Liang Gie; 

Rangkaian aktivitas manusia yang rasional dan kognitif dengan metode dan berbagai prosedur serta tata langkah sehingga menghasilkan kumpuan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala-gejala kealaman, kemasyarakatan, atau keorangan untuk tujuan mencapai kebenaran, memperoleh pemahaman, memberikan penjelasan, ataupun melakukan penerapan itulah batasan ilmu                       


Demikian tulisan ini  semoga bermanfaat, kritik dan saran sangat diharapkan untuk perbaikan masa yang akan datang. 

Referensi:

[Pengertian Ilmu-ilmu sebagai proses](http://duendhaabdillah.blogspot.com/2013/05/pengertian-ilmu-ilmu-sebagai-proses.html?m=1)