Guree.id, Lhokseumawe, 6 Juni 2020, Hai sahabat guree.id, selamat menikmati hari indah Walau pun di rumah saja (Stay at home) bersama keluarga, mari kita perbaiki kualitas hidup menjadi lebih baik.

"MEUNYO KA PAKAT LAMPOH JRAT TA PEUGALA". Hal yang tidak mungkin karena lahan kuburan adalah tempat peristirahatan terakhir. Tetapi begitulah semangat kebersamaan, kekompakkan dalam menjalankan sebuah program yang telah direncanakan bersama. Kapan itu bisa terjadi ketika berada dalam sebuah forum silaturrahim. 

Lampoh Jrat Ta Peugala = Tanah kuburan digadaikan. Cuma tinggal harta satu-satunya, apabila sudah sepakat hati yang bulat, ya terpaksa digadaikan demi mewujudkan suatu program kebersamaan. Tetapi jangan sampai terjadi, karena itu diibaratkan dalam semangat untuk mewujudkan sesuatu program yang didasari atas kebersamaan dan kesepakatan, artinya keputusan bersama itu lebih tinggi kedudukan nya.

Pertemuan yang utama, uang nomor dua Kekompakan dan persatuan sangat penting dalam hidup kita bermasyarakat. Jika sudah bersatu kekuatan akan muncul, seberapa besar pun beban akan menjadi ringan. Pasti ada solusi ketika masalah dipecahkan bersama. Jadi pertemuan dan silaturrahim yang utama, sementara materi dan uang akan ada di dalam pertemuan tersebut. 

Bagaimana merancang sebuah pertemuan atau rapat yang bisa dihadiri 100 % anggota, itu pekerjaan yang tidak mudah. Walaupun sudah dirancang sedemikian rupa dalam  sebuah forum tetapi ada juga anggota yang apatis dengan kegiatan tersebut.

Penyakit masyarakat

Ada anggota  yang tidak pernah hadir di forum gampong, dusun, komplek atau organisasi. Bahkan ada juga kita dapatkan, apakah teman atau kolega  yang sangat meremehkan sebuah forum musyawarah, anehnya di Luar forum sangat vokal yang tidak menentu. Sikap tidak tahu menahu apa kegiatan yang akan dan  sedang dilakukan. Jika  kondisi seperti ini status warga/keanggotaanya harus dipertanyakan. Apakah hidup kita ini bisa sendiri tanpa harus ada bantuan orang lain. Apakah hidup kita nyaman dengan tampa berinteraksi dengan orang lain.  Janganlah menjadi manusia apatis dalam setiap kondisi. Jadilah orang yang berguna dan bermakna dalam kehidupan. Sepertinya hidup seperti itu gersang tapi kembali kepada yang pribadi masing-masing prinsip mana yang dianut dan diamalkan. 

Kebersamaan itu indah, mari kita ayunkan langkah dan menyamakan persepsi untuk kemaslahatan umat dan lingkungan di mana kita tinggal. Jadilah pribadi yang bisa mewarnai lingkungan, komunitas artinya ada kontribusi yang bermakna terhadap orang lain dan lingkungan. Ikut berpartisipasi dalam program kebersamaan melalui kekompakan dan kesepakatan yang dikedepankan. Satu batang lidi kurang manfaatnya dan bisa berbahaya, jika gabungan beberapa lidi sangat bermanfaat dengan kekuatan yang dimilikinya dalam satu ikatan. Bisa menghasilkan energi kinetik untuk menggerakkan objek yang lain. Jadilah kita sebagai lidi satu ikatan, jangan cerai berai. Sepertinya pesan Indatu kita, sangat benar Kebersamaan dan kekompakan sangat penting dalam membangun kehidupan ini.

Demikian yang dapat saya bagikan kali ini, jika ada yang kurang berkenan mari kita sempurnakan. Semoga kita bisa menjadi orang yang peka dan berkontribusi terhadap kemaslahatan sesama.