Manfaat Liburan Bersama Keluarga Besar

Guree.id, Liburan keluarga  dapat mempererat tali silaturrahim, Liburan ini hampir rutin kami lakukan setiap tahun waktu libur panjang sekolah. Selama pandemi covid-19, baru kali ini kami kembali melakukan perjalamnan bertamasya. Tempat yang kami tuju Berastagi sebagai center, kami menginap di Villa Green Hill bersebelahan dengan Hill Park. Dari Villa kami menuju agenda yang telah direncanakan.

Hari Pertama, membawa anak-anak berenang di Kolam renang Komplek Villa. Selanjutnya kami ke pemandian air panas sidebu-debu yang jarak tempuh dari Villa 16 Km. Pemandian air panas ramai dikunjungi pada malam hari, sumber air dari Gunung Sibayak.    Banyak sekali komplek Pemandian air panas di sana, kita dapat memilih mau kolam besar, kecil atau spesial buat keluarga saja juga ada.  Uniknya sumber air bukan mengalir dari lereng gunung sibayak, tetapi sumber air langsung muncrat dari dalam tanah atau semacam sumber air sumur. Meskipun banyak penginapan di sana, tidak semua penginapan memiliki pemandian air panas karena terhgantung dari sumber air. Kami berendam sepuas-puasnya dan dengan niat Allah cabut segala penyakit yang bersarang melalui air belerang tersebut.

Foto bareng Keluarga Besar di Puncak Taman Simalem

Hari kedua, kami menghabiskan waktu di Simalem Resort, destinasi wisata ujung Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia.  Pintu masuk gerbang Simalem Resort dikenakan karcis masuk permobil. Mobil Sedan, Avanza, dan sejenisnya harus bayar Rp 300.000 di hari Weekend, Rp 200.000, di hari biasa. Taman Simalem Resort dari  tempat kami menginap yaitu Villa Hill Sibolangit berjarak lebih kurang 45 Km. Tman Simalem Resort oleh pengembang dibagi empat bagian.

Puncak Taman Simalem

Tidak jauh dari gerbang masuk dan keluar sampailah  di bundaran, jika belok ke kanan akan berakhir di puncak dengan ketinggian 1500 m dari permukaan laut. Dari sini kita bisa menyaksikan pemandangan danau Toba yang indah dan menawan. Kembali ke Bundaran, arah lurus dari arah kedatangan awal kita bisa masuk kebun bunga dan perhotelan juga berlatar pemandangan Danau. Kebun bunga yang indah tertata rapi memberi kesejukan bagi setiap pengunjung. Setiap persinggahan sudah pasti tidak lupa dokumentasi dan selfi. Beranjak lagi ke bawah masih diarah yang sama kita tiba di sebuah Hotel dan taman bunga. Kembali kebundaran lalu belok kanan atau belok kiri dari arah kedatangan kita sampai di Vihara.

Taman Simalem Resort masih mempertahanakan hutan yang alami dan struktur tanah yang alami, jadi bangunan yang didirikan di atas mengikuti struktur tanah yang ada. Kesan alami tetap terjaga dan tentunya berpengaruh kepada keseimbangan alam. Idealnya untuk menikmati keindahan Taman Simalem Resort harus menginap dan banyak lagi yang belum sempat kita kunjungi termasuk panaorama yang yang berhadapan dengan danau langsung, artinya di tei danau. Setelah puas seharian di Taman Simalem resort, kami beranjak kembali ke Villa dan makan malam di Ayam Penyet Cindelaras Berastagi. Dalam perjalanan pulang ke Villa kami singgah di Pemandian air panas sidebu debu sekitar 4 Km masuk arah kiri dan lebih kurang 10 Km dari Villa. Keluar dari Kolam pemandian arah pulang ke Villa kami menikmati jagung bakar Penatapan  Barcelona di puncaknya Jalan Jamin Ginting.

Hari Ketiga, kami mengunjungi Kebun Stroberry Berastagi, sayangnya buah sudah berkurang karena diserbu pengunjung  pada hari Weekend, sedangkan kami berkunjung dihari senin. Tak mengapa yang penting sisa-sisa jadi juga lah. Hari menjelang siang kami kembali ke Medan dan singgah di Waterboom Hairos sekedar makan siang dan shalat dhuhur.

Puncak Gundaling Berastagi dengan latar Gunung Sibayak

Demikian sekelumit perjalanan wisata keleuarga besar kami tahun 2021. Terimakasih kepada anda yang telah singgah di blog ini semoga terinspirasi dan bisa merencanakan liburan bersama keluarga. Berapa biaya dan tehnik perjalanannya tentunya anda juga ingin tahu,  Tips bertamasya murah tetapi berkualitas akan saya ulas pada artikel yang akan datang.