Membangun Jiwa Wirausaha Anak Melalui Market Day

 

GUREE.ID, LHOKSEUMAWE, Kewirausahaan merupakan Salah satu kompetensi Kepala sekolah yang tidak kalah pentingnya dibandingkan  kompetensi yang lain. Inovasi  dan modifikasi dalam pelakasanaan program sekolah walaupun tidak menghasilkan produk berupa barang , Kepala sekolah sudah  memiliki jiwa wirausaha.

Salah satu program SDIT Muhammadiyah Lhokseumawe menyelenggarakan Market Day yang diikuti oleh semua kelas. Kepala Sekolah SDIT Muhammadiyah, Faisal Ramon, S.Pd.,M.Pd menjelaskan Market Day bertujuan untuk membangun jiwa kewirausahaan bagi peserta didik, ini perlu dilakukan sejak dini. Mengingat juga bahwa Rasulullah SAW pun pada usia sangat muda sudah berdagang dengan Pamannya, dan bisa menumbuhkan semangat dan teladan bagi peserta didik. Lebih lanjut Faisal Ramon mengatkan acara yg dilaksanakan di Hall. K. H. A. Dahlan di Perguruan Muhammadiyah Lancang Garam ini memadukan dengan kegiatan Gebyar Kreatifitas Anak Shaleh yg menampilkan karya dan bakat siswa seperti Tahfidz, puisi, Drama, fashion show dll.

Pada market day tahun ini, walaupun terdiri dari 6 Stand yg mewakili masing-masing kelas, namun menyediakan banyak menu saji dan produk2 makanan minuman yg menggiurkan setiap pengunjung yg datang, dari menu tradisional, nasional bahkan internasional. Kegiatan ini dihadiri oleh ortu siswa dan tamu undangan lainnya, antusias pengunjung dalam membeli produk2 makanan dan minuman sangat luar biasa terbukti menu yg dijual siswa hampir seluruhnya habis.

Menarik perhatian dari market Day, setiap pengunjung diminta untuk menilai stand terbaik melalui E-voting pada link yang telah diberikan panitia. Dari penilaian ini diambil satu stand yg terbaik untuk diberikan reward. Dan yg menjadi stand terbaik market day tahun ini adalah Stand Kelas 5. Melihat antusias, dukungan dan kerjasama ortu siswa dalam market day ini maka kegiatan ini akan menjadi agenda tiap tahunnya pada SDIT Muhammadiyah Lhokseumawe.

Poin penting dari Market Day adalah terbentuk karakter anak untuk memiliki Jiwa Wirausaha yang berintegritas, kreatif, dan kerja sama.  Zaman kekinian mencari modal kerja berupa cuan lebih mudah ketimbang  mencari pelaku bisnis yang jujur.

Kontributor: Faisal Ramon

0 Comments