Proseding Presentasi Buku Kerja Kepala Sekolah

 

Guree.id, Banda Aceh, Sabtu hari terakhir presentasi buku kerja Kepala sekolah se- Aceh. Acara yang berlangsung selama tiga hari diikuti oleh 816 orang Kepala sekolah terdiri atas kepsek Rotasi 249 orang, Promosi 119 orang dan tetap 448 orang. Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe yang berjumlah 39 orang terdiri atas Cabang 4 orang,  Kepala sekolah 27 orang, Pengawas 8 orang. Sebelum tampil tanggal 29 Januari 2022, kami lakukan gladi sebanyak dua kali yang dipandu oleh Pak Supriariadi selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe. Gladi presentasi sekaligus memperbaiki data lembar  tayang. Data buku kerja dan lembar tayang harus sinkron antar lembar. Satupun data tidak boleh tidak valid. Kami tiba di Ruang Rapat Sekda tepat pukul 08.00, dan pukul 08.15 acara di mulai dengan tampilan pertama Kacab dan penampilan terakhir M. Yusuf Ismail dari Pengawas.

Pukul 09.00. Bapak M. Jafar Asisten 1 merespon dan komen terhadap bahan presentasi. Pada umumnya Lhokseumawe  berkorelasi positif antara nilai Akreditasi Sekolah dengan penilaian 8 Standar oleh pengawas. Jika ada hal-hal diluar kendali Kepala Sekolah seperti pembangunan gedung, kekurangan guru dan tendik agar dapat diajukan ke Disdik Aceh melalui Cabang Dinas. Kadisdik Aceh Alhudri berpesan,   jadi kepala sekolah itu tidak mudah. Bapak ibu yang sudah dipilih agar dapat menjalankan fungsinya dengan sebaik mungkin. Berhati-hatilah dengan dana BOS, pelajari petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis. Biasakan Bapak Ibu dengan Dokumen Pelindung Diri (DPD), artinya setiap realisasi kegiatan lengkap dengan dokumen. Program BEREH  sudah lebih fokus kepada nyaman kelas. Kelas yang bersih, rapi dan indah dapat memberikan interaksi PBM lebih baik. Kemudian vaksin merupakan kebutuhan, Jadi komitmen vaksin yang belum tuntas segera dilaksanakan.

Pukul 09.45 WIB, Sekda Aceh Taqwallah, melakukan uji petik Kepala sekolah secara random, pas diambil buku kerja Kepala Sekolah SMA N 5 Lhokseumawe Muhammad dan buku kerja Kepala SMA N 6 Lhokseumawe Faisal. Kedua duanya ditanya siapa nama wali kelas, berapa jumlah kelas tersebut dan apa usulan guru dalam lembar kerja. Ya,  Alhamdulillah jawabannya lancar. Bapak Ibu, buku kerja harus sering dibaca karena semua informasi sudah diinput ke dalam tabel. Mulai dari Sarpras sampai dengan nama siswa lengkap. Bapak Sekda Taqwallah memberikan pencerahan kepada kita semua:

1. Syukuri amanah memudahkan warga sekolah;

2. Menguasai dan Berdaya  "Nilai Tambah"

    a. BOS -> Juknis "Patut dan Layak"

    b. Komite Sekolah -> "Mitra Tanpa Batas"

    c. Pengawas -> "Keberadaan Nilai Tambah"

    d. Cabdin -> "Kemudahan Administrasi dan Pantau Kerja";

3. Memahami Kinerja Utama

    SMA : Jml Kls 3 -> PTN (%), Strategi Dini - Puncak

    SMK : Jml Kls 3 -> Lap. Kerja (%), " Baca Pasar- Mitra"

    SLB : Jml Kls 3 -> Kemandirian (%), Purna Tuna;

Baca Juga: RKJM dan Lembar Kerja Guru

4. Perhatian Khusus (Siswa)

    a. Sangat miskin : Kemudahan dan Fasilitas

    b. Perilaku Aneh : Terlibat narkoba, Pergaulan bebas, perilaku anak pank, dan sejenisnya

   c. Berprestasi : Pemanduan Tersendiri (Bakat dan minat baik akademik maupun ekskul);

5. Terjaga Aksi ASN Aceh

     a. BEREH : Siaga 1x24 Jam, Ruang Guru dan Kelas, Meja?

     b. Vaksin: Pastikan Vaksin 1& 2 => 95%

     c. Zikir : Silaturrahmi & Pahala -> Kuburan

     d. Donor Darah: Bukti Setia Kawan (seumur hidup paling 1 kali);

6. Cegah AIB

     a. Janji fatamorgana, Tidak detail

     b. Larut dalam Rutinitas, Kesalahan Berulang-ulang

     c. Remehkan WA "Tidak Tuntas", Kerja WA

     d. Tidak Respon Arahan Pimpinan " Lapor - Update"

Bek Cheh Choh : Laporkan Hasil - Baru Proses

Sahabat guru yang mulia, saya tidak menjabarkan istilah kalimat di atas dan pasti saudaraku ingat apa yang disampaikan oleh bapak sekda Taqwallah selalu pemilik poin tersebut di atas. Selain beberapa poin di atas bagi saya ada satu kalimat yang paling mendalam buat kita selaku pimpinan "Tugas Pimpinan Menyelesaikan, Bukan Mengerjakan"

Akhirnya sekda Taqwallah menitipkan siswa, guru dan Kepala Sekolah kepada Pengawas, yang diwakili oleh Bapak Saifuddin. Pengawas adalah tugas yang sangat mulia. Ada 47.081 ASN Aceh yang berada dibawah pembinaan Sekda dan separuhnya  afakah guru yang berjumlah 20.750 orang.

Selesai pukul 11.15 Wib. keluar dari Ruang Rapat Sekda dan foto bersama. Terimakasih  Pak Ari, pak Jamal, Pak Rozi dan Pak Tala yang telah membimbing kami, juga terimakasih kami kepada tim operator hendrik,  Khalizar dan Yanis. Saya juga mengapresiasi teman-teman semua yang sangat solid, hal-hal kecil pun menjadi perhatian kita bersama pin, masker dan lainnya.  Tulisan ini tidak lebih sebagai dokumen, dan sebagai tindak lanjut aksi mewujudkan pendidikan Aceh menjadi lebih baik.

Mungkin Anda Lewati: Panduan Buku Kerja Kepala Sekolah

Demikian sekelumit prosesi presentasi yang dapat saya review, mohon maaf jika ada hal yang luput dari serapan penulis. Akhir kata semoga bermanfaat.

Ttd.

Mukhtaruddin (Kepala SMA N 7 Lhokseumawe)

0 Comments