Panduan Buku Kerja Kepala Sekolah dan Audiensi Dengan Walikota

 

Guree.id, Lhokseumawe,  Menghadiri rapat perdana dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe  Bapak Supriariadi, S. Pd. Rapat yang dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB Kota Lhokseumawe dan Pengawas berlangsung di aula Cabang Dinas. Kepala Cabang Dinas yang baru dilantik pada tanggal 7 Januari 2022 dalam arahannya mengatakan agar semua kita dapat bekerja sama untuk lebih memajukan Pendidikan di Kota Lhokseumawe. Kehadiran guru di kelas harus bermakna bagi peserta didik. Sehebat apapun seorang guru, katakanlah dia sebagai penulis buku, pembicara mengisi seminar, kualifikasi ijazah yang tinggi S1 sampai dengan S3  jika berada dalam ruang belajar, siswa tidak merasakan kehebatan guru tersebut berarti sama saja bohong. Demikian Kacabdisdik Wilayah Kota Lhokseumawe Supriariadi, S. Pd. mengajak kita semua untuk saling mengingatkan dan menggaris bawahi bahwa kita harus lebih hebat di ruang kelas dan kehadiran kita  harus bermakna bagi peserta didik. Semoga selalu menjadi bahan evaluasi diri untuk menjadi lebih baik.

Kemudian bapak Kacab langsung memandu kita tentang isu Buku Kerja Kepala Sekolah, ada beberapa hal yang dapat saya serap sebagai berikut:

1. Sering terjadi foto dokumen editan, tampilkan foto yang asli tanpa edit baik foto sebelum maupun foto sesudah;

2. Foto harus fokus yang sama sebelum dan sesudah;

3. Foto kelas setiap Rombel memenuhi indikator Bareh;

4. Lembar kerja wali kelas memuat data jumlah siswa dan status vaksin, dan pilihan jurusan kuliah;

5. Siswa rentan,  siswa yang miskin yang berakibat kepada putus sekolah meskipun ada PIP, dan siswa yang berperilaku aneh, disebabkan narkoba dan problem lainnya. Jumlah siswa rentan pasti tidak banyak, apa solusi dari sekolah untuk menangani kondisi siswa yang demikian;

Untuk lembaran lain sama dengan buku kerja  tahun yang lalu.

Break makan siang dan shalat dhuhur, action berikutnya audiensi dengan Wali kota Lhokseumawe yang dipimpin langsung oleh Bapak Kacabdisdik wilayah Kota Lhokseumawe  Supriariadi, S. Pd. Untuk mengejar ketertinggalan pendidkan kita khusunya Aceh maka kita harus berlari cepat. Semua stakeholder pendidikan dapat bersinergi  untuk melahirkan energi kinetik yang selama ini dalam bentuk energi potensial.  Tanggung jawab urusan pendidikan ada pada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota. Selesai sudah agenda hari ini berakhir di Kantor Wali Kota Lhokseumawe. Sukses panduan buku kerja Kepala sekolah dan silaturrahim dengan mitra sukses.


                  Unduh Buku Kerja Kepala Sekolah
                  Unduh Lembar Kerja Guru

Demikian sahabat guree yang mulia, Semoga Allah berikan kesehatan dan keberkahan untuk menjalankan agendak esok hari yang lebih baik.  

Agenda berikutnya mengantar teman-teman kepala sekolah yang rotasi, mutasi dan promosi ke tempat bertugas yang baru tanggal 19 Januari 2022.

by:guree.id

0 Comments