GUREE.ID , LHOKSEUMAWE, 29 Juli 2020, Sahabat guree.id di mana saja berada semoga hari ini lebih baik.  Kali ini saya ingin mendalami dan berbagi kompetensi pengawas pendidikan. Ada enam kompetensi inti yang harus dikuasai pengawas yaitu:

  1. Kompetensi kepribadian;

  2. Kompetensi Sosial;

  3. Kompetensi Supervisi Manajerial;

  4. Kompetensi Supervisi Akademik;

  5. Kompetensi Evaluasi Pendidikan;

  6. Kompetensi Penelitian dan Pengembangan.

Semua kompetensi di atas mengharuskan pengawas sekolah/ madrasah untuk menguasainya sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 tahun 2007 tentang standar pengawas.

Kompetensi yang harus dimiliki oleh pengawas lebih berat dari guru dan kepala sekolah. Kalau guru hanya 4 kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik dan kompetensi sosial. Untuk kepala sekolah 5 kompetensi yaitu kompetensi yang harus dimiliki guru tambah dengan kompetensi manajerial. 


Setiap sekolah ada yang namanya pengawas pembina artinya sangat bertanggung jawab terhadap program kepengawasan yang telah direncanakan. Kontribusi Pengawas  diharapkan dapat bersinergi dengan program sekolah dalam rangka mengantarkan sekolah ke tingkat pencapaian rata-rata di atas standar.


Tugas pengawas yang begitu berat maka penguasaan 6 kompetensi inti mutlak bagi seorang pengawas pendidikan. Karena tugas pengawas bukanlah mencari kesalahan sekolah atau guru, tetapi lebih berat kepada membina jika ada temuan yang kurang sempurna baik manajerial maupun akademik. Setiap pengawas jika menemukan kekurangan atau kesalahan dilakukan oleh manajer sekolah dan guru, harus bisa memberikan solusi yang tepat dan uptudate. 

1.KOMPETENSI KEPRIBADIAN 

Kompetensi kepribadian merupakan kompetensi inti setiap anak adam yang hidup dipermukaan bumi ini. Kompetensi kepribadian melekat di dalamnya aspek sikap dan perilaku seseorang baik dengan Allah maupun sesama manusia. Ada dua karakter dalam kepribadian seseorang yaitu karakter kinerja terkait dengan disiplin, bertanggung jawab, kerja keras, inovatif, kreatif dan komunikatif dan karakter moral, terkait jujur, rendah hati, saling menghormati, dan proporsional yaitu tidak pilih kasih.

Kompetensi kepribadian bagi pengawas sebagai penentu pengembangan 5 kompetensi lainnya. Bagaimana sikap dan perilaku pengawas selanjutnya tercermin dari kepribadiannya. Pengawas sekolah harus memiliki:

1.Rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas pokoknya;

2.Semangat yang dapat memotivasi dirinya sendiri dan orang lain dalam menjalankan tugas;

3.Etos kerja yang tinggi dan teladan bagi sekolah yang menjadi binaannya;

4. Kreatif dan inovatif dalam menyerap berbagai dinamika perkembangan kurikulum nasional dan sekolah;

5. Rasa ingin tahu tentang perkembangan IT.

Demikian beberapa karakter kepribadian yang mutlak harus dimiliki oleh pengawas. Karakter tersebut sebagai dasar pengembangan kompetensi lain.

>seorang pengawas sekolah dapat berkembang kearah lebih baik dalam menjalankan fungsinya dapat dilihat dari kepribadiannya;

Kepribadian yang baik menentukan pengembangan kompetensi pengawas lainnya.

Demikian yang dapat saya bagikan hari ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa dalam kompetensi sosial pengawas. Tetaplah bersama GUREE.ID.