GUREE.ID, LHOKSEUMAWE,16 Juli 2020, KSN tingkat provinsi akan dilaksanakan secara online. Pandemi Covid-19 yang menyebabkan semua kegiatan disesuaikan, demikian dikatakan oleh Kasubag Tata Usaha Dinas Cabang Pendidikan Wilayah Lhokseumawe Jamaluddin,S.Pd ,MM. pada saat penyerahan hadiah kepada 27 siswa juara 1,2 dan 3 Kompetisi Sains Nasional (KSN-K) Tingkat Kota Lhokseumawe.


KSN-P tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 8  Agustus 2020 secara virtual. Sebelumnya akan dilakukan uji coba Tahap I pada tanggal 20 s.d 21 Juli 2020 dan uji coba Tahap II pada tanggal 27 s.d 29 Juli 2020. Uji coba bertujuan untuk mengenalkan sistem aplikasi dan latihan bagi peserta didik yang akan mengikuti KSN-P.

Apa persiapan yang harus dilakukan siswa  juara, Pihak Dinas wilayah dan sekolah harus memastikan bahwa semua peserta terhubung dengan internet. Persiapan lain siswa dapat berlatih mandiri dan mendapat bimbingan dari pembina secara virtual. Adapun perlengkapan Peserta yang mutlak harus tersedia adalah Komputer atau laptop dengan spek:

Procesor minimal dual core, RAM minimal 2 GB, Kapasitas hard disk yang masih tersedia minimal 10 GB, Broser:gogle 

crome/mozillafirefoxe/internet explorer, dan Layar monitor barwarna minimal 11 inch.


KSN-P dilaksanakan bertujuan untuk mempersiapkan calon peserta yang dapat berlomba di tingkat Nasional atau KSN yang akan berlangsung di Bangka Belitung pada bulan September, dengan harapan bisa dilaksanakan secara normal. 


Tujuan dari KSN adalah Menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia pada Olimpiade Sains Tingkat Internasional. 


Harapan kita semua semoga peserta didik dari Kota Lhokseumawe dapat bersaing di KSN-P dan bisa lolos ke KSN di Kep.Bangka Belitung.  Bersainglah dengan penuh harapan bahwa kalian mampu meraih prestasi yang mengharumkan Kota Lhokseumawe.