GUREE.ID, Lhokseumawe, 1 Juli 2020, Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh, hai sahabat guree.id di mana saja anda berada selamat menjalankan aktifitas rutinitas anda, semoga tidak ada kendala dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Setiap awal tahun pelajaran Kepala sekolah mendistribusikan tugas kepada Guru dan Tenaga Kependidikan. Baik tugas pokok maupun tugas tambahan.  Tahun pelajaran 2020/2021 akan segera di mulai  pada New Normal. tidak salahnya jika di ulang kembali job description tenaga kependidikan.

Pembagian tugas Tenaga kependidikan mengacu kepada Permendikbud no 24 Tahun 2008 Tentang Sandar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Tenaga kependidikan adalah staf yang menjalankan tugas selain tugas guru, mulai Tata usaha, pemegang barang, pesuruh, cleaning service, satpam, Laboran/admin lab. Kepustakaan, dan operator sekolah. 

Kepala tata usaha di samping mengerjakan tugas rutin juga mengerjakan pembagian tugas anggotanya untuk diusulkan kepada kepala sekolah. 

Tugas lain tata usaha adalah membuat:

  1. Mengisi buku induk siswa;

  2. Mengagendakan surat masuk dan surat keluar;

  3. Mengisi buku kleper,

  4. Membuat daftar urut kepangkatan pegawai;

  5. Membuat daftar gaji;

  6. Membuat KP4;

  7. Merekap absen siswa,absen guru dan notulen rapat;

  8. Membuat laporan bulanan;

  9. Membuat SPT Tahunan;

  10. Mengerjakan administrasi kurikulum, kesiswaan dan keuangan;

  11. Membuat format 8355;

  12. Melegalisir surat-surat dan ijazah Alumni;

  13. Menjaga dan memelihara barang inventaris sekolah;

  14. Membuat LP2P;

  15. Menata dan mengarsipkan dokumen dengan baik.


Tugas Admin Laboratorium

  1. Mempersiapkan  bahan-bahan dan alat laboratorium, mempersiapkan laboratorium dalam kondisi siap pakai;

  2. Membantu kepala laboratorium menyusun program;

  3. Mengidentifikasi alat-alat yang rusak dan bahan habis pakai;

  4. Menjaga sefti ruangan atau alat keselamatan kerja.

  5. Menjaga kebersihan laboratorium.

  6. Membantu Kepala Laboratorium dalam membuat laporan 

Tugas Staf Perpustakaan

  1. Menjaga kebersihan Perpustakaan;

  2. Melayani pengunjung perpustakaan;

  3. Mengidentifikasi buku yang rusak dan pemeliharaan;

  4. Menginput buku baru dan pembuatan katalog;

  5. Turut serta menggerakkan literasi sekolah;

  6. Membuat laporan berkala kepada kepala sekolah.

Tugas Operator

  1. Operator dapodik Menginput data siswa, guru dan Tenaga Kependidikan;

  2. Mensinkronisasi data;

  3. Mensosialisasikan perubahan sistem atau perubahan bio data;

  4. Membackup data;

  5. Memberi laporan kepada kepala sekolah;

  6. Mensinkronisasi E-Rapor

  7. Menginput data PMP dan 

  8. Data lain yang dibutuhkan


Tugas Keamanan dan Kebersihan

Satpam, menjaga keamanan sekolah, membuka dan menutup pintu gerbang sekolah, membuka dan menutup pintu kelas dan kantor dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala sekolah


Kebersihan, menjaga kebersihan lingkungan sekolah. mencakup kebersihan Kamar mandi, WC, Kelas, Kantor dan halaman sekolah serta tugas lain yang diberikan kepala sekolah.


Uraian tugas di atas secara garis besar saja, untuk rincian pekerjaan disesuaikan dengan satuan pendidikan masing-masing sekolah.

Fenomena yang ada, masih ada item pekerjaan yang belum tersentuh dari staf. Untuk mengingatkan uraian dan rincian  tugas yang telah dibebankan kepada anda, sebaiknya ditulis dan ditempel pada meja kerja anda. 

Menyelesaikan tugas dan kewajiban harus ada capaian target maksimal, bukan minimal. Jika dipilih yang minimal bisa jadi tidak mencapai target tersebut disebabkan ada halangan yang tidak bisa dihindari seperti sakit misalnya. Jadi target harus maksimal. 


Bekerja itu harus fokus, cerdas, ikhlas dan tuntas. Betapa banyak kertas yang terbuang percuma karena konsep yang salah ketik, atau surat menyurat lainnya. Belajarlah hemat menggunakan kertas, karena itu pinjaman dari cucu dan cicit kita. Satu lembar kertas yang anda buang sama dengan 1 meter kayu seukuran gagang sapu yang anda memusnahkan. Mari kita bekerja dengan ramah lingkungan.


Evaluasi diri anda apakah sudah semua uraian tugas diselesaikan dengan tepat waktu. Dalam bekerja koordinasi sesama kolega dan konsultasi dengan atasan langsung jika ada kendala. Jangan ditunda disebabkan anda tidak mengerti, diskusikan dan tanyakan.


Kepala sekolah dapat melakukan pembinaan dan supervisi secara berkala bagi tendik, paling kurang satu semester satu kali supervisi. Supervisi bisa didelegasikan kepada wakil kepala sekolah jika kepala sekolah berhalangan. Instrumen supervisi disesuaikan dengan uraian tugas yang telah dibebankan.


Marilah melaksanakan dengan cerdas tulus, ikhlas dan tuntas. Marilah kita bekerja dengan memperlakukan lingkungan yang baik. Mari kita bekerja dengan tim work yang solid, saling asuh dan asih serta bangun komunikasi yang baik sesama kolega dan berilah pelayanan yang prima kepada yang membutuhkan.


Demikian tulisan ini semoga bermanfaat, kritik dan saran sangat diharapkan.