GUREE.ID, LHOKSEUMAWE, 26 Juli 2020, Ketika aku dan keluarga mengunjungi Saudara Ayah di kampung, di mana tempat kelahiranku dan aku dibesarkan sampai dengan usia sekolah SMP. Masa kecil yang begitu indah jika dikenang dan begitu polos suasananya, tidak seperti sekarang ini penuh dengan ketidak pastian baik di desa maupun di kota. 
Zaman sudah berubah ke arah kehidupan lebih privasi dan  apatis dengan kondisi orang lain. Namun demikian suasana alam desa tidak banyak perubahan. Masih kita temukan lahan yang hijau dan sawah menjadi mainan ternak dimusim pasca panen. 

Aku hidup di desa, tetapi untuk sekolah di SMP aku harus menempuh jarak 12 Km pulang pergi setiap hari dengan mendayung sepeda. Tetap semangat sekolah Walau pun kondisi hujan, dalam catatan Rapor sekolah aku tidak libur satu hari pun selama tiga tahun. Motivasi ku adalah bagaimana cara aku harus menjadi orang sukses, bisa melanjutkan ke sekolah atas dan mau kuliah. 

Aku sekolah di SMP PGRI I Bireuen, setelah tamat dari SD Negeri Kuta Jeumpa pas tahun 1979. Di kelas SD aku belajar selama satu tahun enam bulan. Karena adanya regulasi dari Menteri Pendidikan. 

Ada kesan yang sedih selama aku sekolah di SMP PGRI I Burruen, waktu itu musim hujan...