RKJM dan Lembar Kerja Guru

 

Guree.id, Lhokseumawe,  Presentasi lembar kerja guru dan lembar kerja wali kelas setiap tahun berdampak kemana atau cenderungnya kemana. Mungkin banyak teman yang bertanya apa manfaatnya ya, apa positifnya, dan ada juga yang apatis, ya buat tapi tapi tidak tahu apa yang dibuat. Jadi sekedar formalitas saja.  Jangan mendongkol, jalani saja biar energi positifnya tetap mengalir, mau marah? Kepada siapa, makanya terima dengan tulus dan jalani dengan ikhlas. Coba kita lihat apa manfaat dari lembar kerja tersebut. Sebagai ilustrasi Sekolah kami terdiri atas 30 orang guru, membutuhkan waktu presentasi 90 menit. Sangat singkat hanya satu lembar bahan tayang. Selesai presentasi saya berkata kepada sahabat guru, saya hari ini merasa sangat bahagia, kenapa tidak, walaupun hanya satu lembar kerja guru dan wali kelas tetapi sangat padat informasi yang disajikan. Dari seluruh item yang disajikan sekurangnya ada beberapa poin penting yang dapat dijadikan bahan untuk memperkaya program  RKJM, RKT dan RKS. Berdasarkan pengalaman kami dalam menyusun/merevisi RKJM, RKT dan RKS melalui Rapat Kerja tidak begitu kaya akan saran dan masukan untuk kegiatan sekolah. Melalui Lembar Kerja Wali Kelas dan Lembar Kerja Guru menjadi wajib berpikir untuk mengisi setiap kolom dalam form yang disediakan. Poin isu dalam lembar kerja adalah:

1. Alat peraga dan bahan yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar;

2. Jenis pelatihan apa yang dibutuhkan guru ke saat ini;

3. Untuk gol SNMPTN, SBMPTN dan tembus PTN favorit trik apa yang harus dilakukan;

4. Pemetaan siswa rentan baik miskin maupun berperilaku aneh setiap kelas;

5. Saran Kenyamanan warga sekolah.

Jika satu guru satu poin saja yang bisa dimasukkan ke dalam Rencana Kerja Sekolah luar biasa roh dari pada Rencana Strategis Sekolah akan lebih hidup. Mari kita lihat jabaran dari poin di atas yang telah di tulis dalam lembar kerja guru dan wali kelas dapat dilihat pada :

Saya yakin dan percaya apa yang sudah ditulis oleh rekan guru dalam lembar kerja tidak hanya copy paste, tetapi betul-betul hasil observasi, identifikasi dan renungan  maka muncul berbagai ide, saran dan solusi dalam tujuan memajukan sekolah. Saya baru tahu bahwa banyak alat dan bahan peraga yang sudah kadaluarsa, habis pakai, dan memang tidak pernah ada sama sekali. Faktor belajar daring dan tatap muka Shift juga berpengaruh kepada mengindentifikasi dan pengadaan bahan dan alat praktikum. Adanya usulan tersebut di atas dalam LKG dapat memotivasi terutama guru dan pihak manajerial sekolah untuk berusaha maksimal dalam pengadaan bahan media pembelajaran. Di samping tuntutan kurikulum tentang harus praktikum sepertinya faktor gaya belajar peserta didik seperti wajib praktikum itu dilakukan.

Poin kenyamanan warga sekolah, seluruh warga menginginkan sekolah yang aman dan nyaman. Performance sekolah harus menggoda luar dan dalam. Sekolah harus bisa berfungsi sebagai taman belajar bagi peserta didik. Lebih indah lagi jika kita bisa memberikan nuansa sekolah dijadikan rumah kedua bagi warganya. Semua saran dan solusi dari guru hebat SMA Negeri 7 Lhokseumawe semoga dapat terwujud Sekolah yang menggoda luar dan dalam. Sahabat ku semua tidak cukup saran saja tetapi action kita harus seiring langkah dan gerak untuk mencapainya.  Budaya bersih, rapi, estetika dan hijau perlu dijadikan karakter warga sekolah.

Bully salah satu duri kenyamanan yang banyak diremehkan, dianggap biasa saja. Bully bisa terjadi sesama siswa, guru dengan siswa, siswa dengan guru, guru dengan guru, orang tua dengan anak dan masyarakat umum.  Ada sebagian anak yang mental siap ketika di bully, malah membalas dengan segala kemampuan  yang dimiliki. Tetapi pada sebagian besar anak, lebih-lebih anak perempuan sangat sensitif dengan ocehan orang lain. Guru harus menjamin kenyamanan.

Baca Juga : 1. Proseding Lepas Sambut Kepala Sekolah 

Terimakasih kepada semua yang telah berkontribusi melalui LKG, sekarang menunggu aksi bukan sekedar konsep tetapi karya nyata. Akhir kata kepada Allah kita mohon ampun dan petunjuk, semoga lancar dalam semua urusan.

by:guree.id

0 Comments