Amanat Hari Guru Nasional ke 77

Guree.ID, Lhokseumawe, Assalamu,alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera untuk kita semua. Yang saya hormati Wakil Kepala sekolah bidang kurikulum Ibu Nuriza, yang saya hormati Wakil Kepala bidang Kesiswaan bapak Efendi, yang saya hormati wakil kepala sekolah bidang Sarpras dan Humas Ibu Nurnaningsih dan yang kami muliakan seluruh dewan guru dan tendik SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Anak-anakku siswa SMA Negeri 7 Lhokseumawe yang kami cintai dan kami banggakan sebagai asset bangsa dan Negara. Hadirin yang kami muliakan, hari ini seluruh pelosok Nusantara bahkan komunitas Pendidikan Indonesia Luar Negeri di seluruh dunia memperingati hari Guru Nasional (HGN). Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Nopember, yang diperingati pertama sekali pada tahun 1945 bertepatan dengan hari didirikan PGRI.

Salah satu pekerjaan mulia di dunia yang fana ini adalah profesi guru. Guru dengan gelar tanpa tanda jasa, berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru, betapa besar jasamu, kita tidak mengerti apa-apa jika tidak ada guru. Kita bisa membaca, menulis dan berhitung karena bapak ibu guru. Terimakasih guruku.

Tema memperingati Hari Guru Nasional tahun 2022 adalah “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”. Inovasi pembelajaran dengan membuat media pembelajaran yang menarik bagi siswa, melakukan modifikasi dan menyempurnakan media pembelajaran sehingga menjadi mudah dalam penyampaian dan mudah diterima oleh siswa. Merancang media pembelajaran digital yang efektif sehingga siswa mendapatkan kesan yang baik dan belajar bermakna dalam mewujudkan merdeka belajar. Lakukan inovasi dalam metode dan strategi serta model pembelajaran yang membuat siswa betah dan nyaman dalam setiap pembelajaran.  Kita hidup di era evolusi industri 4.0 di mana persaingan tingkat tinggi secara otomatis terjadi dalam hitungan detik, untuk itu perlu Langkah-langkah strategis dan kongkrit dalam mengimbangi kemajuan teknologi di bidang Pendidikan. Digitalisasi Lembaga Pendidikan pada kondisi hari ini tidak bisa dihindari, sekurang-kurangnya guru bisa Mengimplimentasikan Kurikulum Medeka  melalui Platform Merdeka Mengajar.

Mari kita dukung tugas Guru yang lebih menantang dalam menjalankan tugas disebabkan merosotnya karakter peserta didik. Tantangan memang harus dikelola oleh guru secara professional terutama pengelolaan kelas. Saya mengajak Orang tua/wali siswa bersinergi dengan sekolah dan guru dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman. Jangan ada noice di kelas yang disebabkan karakter yang peserta didik yang los control dari orang tua dan masyarakat.

Guru yang kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif dapat melahirkan siswa yang berkarakter. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila wajib dilaksanakan dalam program merdeka belajar. Melalui sentuhan kepribadian bapak ibu guru yang lembut dapat melahirkan pelajar yang beriman dan bertaqwa, berbudaya, berkolaborasi dan peduli, bertanggungjawab atas proses dan hasil belajarnya, bernalar kritis dan kreatif.

Guru sebagai roll model, guru menjunjung tinggi harkat dan martabat dan komitmen dalam menjaga kode etik guru. Guru adalah raja, Orang tua, Teman, Komandan, Pelatih dan penuh dengan predikat lain yang dituntut kepada guru harus bisa bermain peran.

 Demikian yang dapat saya bagikan kali ini, “Selamat Hari Guru Nasioanal dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia ke 77” Indonesia Maju dan bangkit melalui Bapak Ibu Guru. Termakasih Guruku engkau yang telah membuka mata dan matahatiku sehingga dapat mengenal Allah, Ibu Bapakku dan mengenal dunia ini.  Semoga amal bakti bapak ibu guruku menjadi amal saleh dan Allah tempatka di Surga Allah SWT. Aamiiin.



0 Comments