IKM Mandiri Berubah

 

Guree.id, Lhokseumawe, Hai teman-teman guree. Id di mana saja anda berada, berbicara kurikulum tidak pernah habisnya, belum lagi 100% menjalankan kurikulum yang juga baru diganti eh datang kurikulum baru, Kurikulum Merdeka. Sekokah diberikan kebebasan untuk memilih kurikulum pada tahun 2022 tepatnya bulan Juli Tahun Pelajaran 2022/2023. Apakah bertahan di Kurikulum 2013, atau Kurikulum 2013 yang disederhanakan atau menjalankan Kurikulum Merdeka. Sekolah bebas memilih sesuai dengan kesiapan sekolah. Kondisi hari ini di Lhokseumawe semua sekolah memilih Kurikulum Merdeka, dan kondisi ini juga di daerah anda.

Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Boleh Mandiri Belajar, bisa Mandiri Berubah dan sungguh sangat boleh Tahap Mandiri berbagi. Status tahapan tidak serta merta langsung memilih, tetapi berdasarkan survey yang diisi oleh Kepala Sekolah. Rata-rata sekolah di Lhokseumawe status pada tahap Implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah. Ayo kita fokus saja pada Tahap Mandiri Berubah. Bagaimana struktur Kurikulumnya, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) atau sering disebut dengan Dokumen 1. Kemudian Dokumen yang harus disiapkan oleh guru yang disebut dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), yang identik dengan silabus pada Kurikulum 13.

Sahabat guru yang berbahagia, IKM mandiri berubah, tidak akan terjadi jika kita masih terbiasa dengan pola lama. Rubah Lah paradikma untuk menuju perubahan. Kita harus mandiri, kita harus proaktif membaca, mendengar dan menonton video pembelajaran, kurang jelas barus diskusi. Semua dimudahkan jika kita mau mulai melakukan perubahan. Guru adalah sebagai agen perubahan, kita harus bisa merubah kebiasaan pribadi terlebih dahulu baru kita menggerakkan untuk merubah lingkungan belajar menjadi lebih nyaman bagi siswa.

Jangan cepat sekali mengambil kesimpulan sebelum maksimal kita mencoba, bukankah kita juga berfungsi sebagai reporter, yaitu selalu menyampaikan hal-hal yang baik walaupun berharap ada perubahan yang maksimal dan sering berujung kekecewaan. Jangan patah semangat kawan malaikat sudah mencatat dalam buku baik amalan kita. Teruslah kita berpikir dan memilih metode yang tepat dalam proses pembelajaran. Pendekatan apa yang mau digunakan terserah, itulah merdeka mendidik dan mengajar.

Penguatan projek Profil pelajar pancasila sebenarnya bukan hal yang baru. Menjadi baru ketika merancang sebuah projek. Banyak sekali fenomena yang bisa dijadikan projek dalam menjalankan kurikulum merdeka. Untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK ada 8 tema yang disediakan oleh Kemendikbudristek, sementara untuk PAUD ada 4 tema.

Tema untuk SD, SMP, SMA/SMK:

1. Gaya Hidup Berkelanjutan

2. Kearifan Lokal

3. Bhinneka Tunggal Ika

4. Bangunlah Jiwa dan Raganya

5. Suara Demokrasi

6. Rekayasa dan Teknologi

7. Kewirausahaan

8. Kebekerjaan

Dari seluruh tema di atas ada yang sudah kita jalankan di sekolah, dalam bentuk Mata Pelajaran Prakarya atau Pengembangan diri siswa.  Masalah projek akan kita bahas khusus pada kesempatan yang lain. Mari kita fokus pada kemudahan berupa platform yang disediakan oleh Kementerian. Berapa kali sudah membuka Platform Merdeka Mengajar (PMM) melalui laman https://guru.kemdikbud.go.id/. Yang di dalamnya tersedia:

  1. Pelatihan mandiri kurikulum merdeka;
  2. Asesmen dan perangkat ajar kurikulum merdeka;
  3. Praktik baik kurikulum merdeka sesi berbagi;
  4. Komunitas belajar kurikulum merdeka;
  5. Berapa kalikah anda sudah menonton video Pembelajaran Kurikulmu Merdeka melalui laman https://guru.kemdikbugo.id/video-inspirasi/
  6. Sudahkah anda bergabung dengan telegram implimentasi kurikulum merdeka melalui: https://guru.kemdikbugo.id/video-inspirasi/

Untuk implimentasi kurikulum merdeka tahap mandiri berubah kita maksimalkan saja kebutuhan proses belajar mengajar yang tersedia. Mari kita sesering mungkin untuk mengunjungi platform yang telah kita sebutkan di atas. Kita baca dan kita pahami lalu diskusi dengan teman dan komunitas belajar. Jika ini yang kita lakukan saya  dan anda yakin akan terjadi perubahan yang signifikan.

Maksimalkan penggunaan perangkat pembelajaran yang ada di PMM. Mari evaluasi diri kita masing-masing apakah sudah dijalankan dengan baik. Ingat “Tanpa hari kita tidak membuka PMM, jika tidak, tidak akan ada perubahan”. Kata orang bijak hidup di dunia yang fana ini selalu berubah, tidak ada yang kekal. Kecuali “Perubahanlah yang kekal abadi selain itu semua berubah”.

Demikian sekelumit informasi dan motivasi kali ini, semoga dalam menjalankan tugas diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

Kerja Tulus, Ikhlas, Tuntas dan Cerdas menjadi pakaian seorang guru dalam mewujudkan pelajar Indonesia yang pancasilais.

 

0 Comments