Prosiding Kepala Sekolah Berprestasi 2022

Guree.id, Banda Aceh, Hari Jum’at, 21 Oktober 2022 saya berada di ruang ujian tulis hotel Grand Aceh Syari’ah untuk mencari pengalaman uji nyali kepemimpinan saya.  Sebelum berpindah ruangan sebelumnya mendapatkan pengarahan dari panitia. Saya baru pertama sekali ikut lomba ini mewakili Kota Lhokseumawe. Belum tahu apa yang akan dites. Seluruh peserta yang berada di ruang pengarahan menjadi nyaman ketika Ketua tim juri mengatakan bahwa  berkomitmen untuk sportifitas. Ketua Dewan juri menginformasikan bahwa Seluruh Peserta tetak fokus dalam kegiatan selama  tiga hari dan dilarang merokok di area hotel.

Saya menebak apa isi dari ujian, bisa jadi tidak jauh dari kompetensi Kepala Sekolah. Ya benar yang diuji Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Manajerial, Kompetensi sosial dan Kompetensi paradigma baru pendidikan. Setelah ujian tulis langsung wawancara, setiap peserta wajib di wawancara oleh dua orang juri. Kepala SMA yang berjumlah 18 orang, 10 laki dan sisanya ibu-ibu. Isi wawancara ya tidak banyak yang nalar tetapi lebih kepada tek booksbooks seperti uu dan permen. Tetapi bingung juga ketika dihadapkan pada soal kasus karena butuh analisa dan berdasarkan yang kira praktikkan di sekolah.

Wawancara:

Pertanyaan pertama, peran kita di lingkungan tempat tinggal dan dalam masyarakat umum. Apakah kita aktif dalam even tertentu atau panitia pembangunan atau pengurus organisasi. Apakah sebagai ketua atau anggota. Semua harus di lampirkan di Portofolio supaya ada nilai tambah. Kemudian apa strategi kepsek mengelola konflik di sekolah baik internal maupun ekternal.

Selain kompetensi kepala sekolah yang terdapat dalam Permendikbud no 13 tahun 20O7, ada tugas pokok dan fungsi kepala sekolah yang salah satunya membimbing dan melakukan supervisi, makanya tugas mengajar tidak dibebankan lagi sebanyak 6 Jam pelajaran. Hal tersebut sesuai permendikbud no 6 tahun 2018.

Bagaimana seni dalam penyelesaian konflik, itu sangat tergantung kepada manajer sekolah.

Dilanjutkan dengan Supervisi Manajerial dan supervisi akademik. Langkah-langkah apa yang dilakukan. Supervisi manajerial meliputi bidang kurikulum, Kesiswaan, bidang humas dan sarana, Tenaga Administrasi, Perpustakaan, Laboratorium, UKS dan Tenaga Cleaning Servis. Apa keunggulan yang kita lakukan di sekolah dan strategi apa yang dilakukan, keunggulan yang dimaksud harus fokus pada satu tetapi mendalam dan bisa menjadi contoh.

Pertanyaan lainnya, evaluasi pendidikan menyangkut delapan standar, dan kaitannya juga dengan rapor mutu. Rapor mutu kondisi garu ini hasil Asesmen yang dilaksanakan oleh Kementerian bisa diakses melalui Dapodik.

Presentasi:

Power Point Presentation (PPT), menarik, singkat dan jelas. PPT Best Practive bukan PTS   atau PTK. Best Practice merupakan pengalaman terbaik kepala sekolah, apa yang sudah dilakukan dan agak longgar dari metode. Yang perlu digaris bawahi waktu presentasi hanya 7 menit. Jangan lama di latar belakang atau perkenalan sehingga kehabisan waktu untuk menyampaikan hasil. Dewan juri memberi masukan bahwa judul jangan terlalu panjang, sistematika penulisan harus benar dengan menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang benar. Termasuk jika kata asing/bahasa daerah harus dimiringkan. Daftar Pustaka harus sesuai isi, jika tidak digunakan jangan ditulis dajam daftar Pustaka. Harus fokus, tidak mungkin kepala sekolah melakukan unggul semuanya dalam satu waktu, jadi pilih yang paling unggul sehingga proses dan hasil jelas. Jika ada sekolah lain secara geografis, kondisi dan lingkungan serupa ingin meniru dan mencoba lebih mudah.

Hal lain yang menjadi catatan dari dewan juri adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) bisa dijadikan best practice. Sebaliknya  best practice  tidak bisa dijadikan PTK atau PTS. Penampilan sangat penting, Sekolah Bapak ibu biasa-biasa saja tetapi tampil luar biasa, seolah-olah yang di slide tampilan yang sesungguhnya itu lebih baik. Ketimbang sekolahnya luar biasa ketika tampil menjadi biasa saja, itu tidak baik. Berikan penguatan dalam penampilan anda bahwa itu akan tergugah sekolah lain untuk melakukan program yang serupa. Dari seluruh tahapan penilaian presentasi poin tertinggi sampai 20. Presentasi menjadi indikator dari serangkaian penilaian.

Portofolio:

Portofolio Sesuai dengan juknis, biodata peserta, dan ijazah terakhir dan syarat seperti Surat Kesehatan, bebas narkoba tetap dilampirkan. Workshop/pelatihan/seminar yang membanggakan dua tahun terakhir paling banyak 10 kegiatan yang membanggakan. Penghargaan untuk sekolah, Penghargaan untuk kepala sekolah, guru dan siswa dua tahun terakhir yang membanggakan. Semua portofolio yang berupa lampiran seperti laporan supervisi, RKAS, dan lainnya dijilid tersendiri dan diurutkan.

Video:

Konten Video sesuai juknis, disebutkan berisi

a. Profil kepala sekolah

b. Aktivitas program unggulan sekolah

c. Aktivitas kepala sekolah

d. Prestasi kepala sekolah yang pernah diraih dalam kurun waktu 2 tahun terakhir

e. Testimoni tentang kepala sekolah dari pengawas, guru dan siswa.

Video kali ini hanya di nonton oleh Dewan juri saja untuk penilaian.

Arahan terakhir dari tim Dewan juri yang terhormat Ketua pak Muhib, dan anggota Pak Mus, bu Agus, pak T. Irwan dan pak Yani. Ketua tim menyampaikan bahwa kompetisi ini bukan orientasi juara tetapi lebih kepada pengalaman, saling berbagi dan bersilaturrahmi. Kami aturkan terimakasih kepada dewan juri yang telah memberi masukan yang berharga untuk penyempurnaan best practice masa yang akan dating.

Menuggu malam penganugerahan yang akan berlangsung Minggu malam di Gedung ACC Dayan Dawud USK, kami isi dengan saling berbagi pengalaman. Saya pribadi bahagia sekali berada ditengah menajer-manajer sekolah yang hebat. Kepala sekolah yang kaya talenta dan menginspiratif, semoga sepulang dari ajang ini dapat kita action sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing. Sahabat ku kepala sekolah hebat mari kita terus melalakukan inovasi untuk mewujudkan pesta didik yang berkarakter dan beraklakul karimah, cerdas dan mampu menjalani hidup sebagai manusia seutuhnya.

Demikian sekelumit prosesi yang dapat saya paparkan, silahkan sahabatku kepala sekolah hebat untuk menambahkan di kolom komentar. Terimakasih.

by:mukhtarilyas

 

0 Comments