Implimentasi Nilai Ibadah Puasa Ramadhan Dalam Kehidupan


GUREE.ID, LHOKSEUMAWE, Hai sahabat guree.id di mana saja anda berada semoga selalu dalam lindungan Allah Subhana huwa Taala. Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah kali ini sama antara Muhammadiyah dan NU. Kita berharap tidak ada perbedaan untuk masa mendatang. Puasa Ramadhan 1442 H. sempurna 30 hari kita laksanakan. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah puasa kita berkualitas. 

Hari ini Seluruh umat Islam di Dunia menggemakan Takbir, membesarkan namaMu Ya Allah, untuk merayakan kemenangan. Semoga kami termasuk orang dalam meraih kemenangan dengan predikat Taqwa. Kami sedih berpisah dengan Ramadhan, karena belum tentu kami bisa bertemu dengan Ramadhan tahun depan. Atas rahmat,  maghfirah dan kasih sayang Mu ya Allah semoga kami selalu memakai baju Taqwa dalam hidup dan kehidupan ini. 

Kami bergembira pada Hari ini 1 Syawal 1442 H. hari yang fitrah dan suci setelah melewati sebulan penuh melaksanakan perintah Mu berpuasa dan ibadah malam, iktikaf dan ibadah sunnah lainnya, semoga engkau ampuni dosa kami ya Allah dan Engkau terima amal ibadah kami ya Allah. Ya Allah dengan rahmat dan kasih sayangMu masukkan kami dalam surga Mu.

Baca juga: Marhaban ya Ramadhan 1442 H. Kami Rindu Kedatanganmu

Ya Allah, semoga kami menjadi orang yang berbakti kepada orang tua, peduli dengan anak yatim dan fakir miskin, menjadi orang yang gemar bersedekah, menjadi orang yang  peduli sesama. Menjadi orang yang lebih peka terhadap kesulitan tetangga, dan jadilah kami ini sebagai orang kepekaan yang tinggi terhadap Persoalan sosial dan kemasyarakatan. Suatu hari setelah shalat Id. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melihat anak perempuan lagi sedih, Rasulullah mendekatinya dan bertanya kenapa kamu tidak bermain bersama anak-anak yang lain. Ia menjawab bahwa ayahku sudah meninggal saat ikut perang bersama Rasulullah. Rasulullah, maukah kamu, Aisyah sebagai Ibumu, dan Aku sebagai ayahmu. Spontanitas anak tersebut menjawab mau, lalu dibawa pulang oleh Rasulullah ke rumah Aisyah, anak tersebut duberi pakaian dan kebutuhan lainnya sehingga ia berbahagia pada hari Fitri tersebut. Ya Allah semoga kami dapat mengikuti teladan kekasihMu Nabi Muhammad Shallallahi Alaihi Wasallam dalam melayani anak yatim.

Renungan sejenak, setetes air susu ibu yang kita minum dan butiran keringat ayah kita dalam membesarkan kita tidak sebanding dengan apa yang kita rasakan dan capai pada saat ini. Sungguh besar pengorbanan orang tua, terutama ibu mempertaruhkan nyawa dalam melahirkan kita. Semoga kita menjadi anak tidak durhaka terhadap orang tua kita. Beruntunglah kepada kita yang masih punya Ibu, berkesempatan untuk merawatnya, memenuhi kebutuhannya, guna memperoleh surga Allah Subhana hu wa Taala. 

Praktek baik kita dalam bulan Ramadhan agar dapat terus berlanjut pasca Ramadhan. Ya Allah ya Rabbi ku, Ampunilah kami, bimbinglah kami dalam setiap pergerakan langkah kami dalam beraktifitas, terutama dalam mencari rezeki, hindarilah kami dari yang syubhat. Jadikanlah kami sebagai suami/isteri yang baik, jadikanlah kami sebagai ayah/ibu yang baik bagi anak-anak kami. Ya Allah ya Rabbi ku, jadikanlah kami sebagai teman yang bagi sahabat dan kolega kami, Jadikanlah kami guru yang baik bagi anak didik kami. Jadikanlah kami anak yang baik, anak yang tahu dan berbuat baik kepada orang tua. Jadikanlah kami sebagai pemimpin yang baik bagi staf kami, jadikanlah kami sebagai pelayan yang baik dalam bekerja dan mengabdi. Jadikanlah kami sebagai tetangga dan warga yang baik.

Demikian muhasabah singkat ini, semoga menjadi renungan bagi pribadi penulis dan sahabat guree.id. 

KELUARGA BESAR GUREE.ID MENGUCAPKAN "TAQABBALALLAHU MINNA WAMINKUM". SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.    

0 Comments