Lomba Perpustakaan Sekolah Se-Aceh, SMA N 7 Lhokseumawe Peringkat 4


    Tim penilai dari Banda Aceh sedang              wawancara Kapus  

Guree.id, LHOKSEUMAWE, Perpustakaan SMA Negeri 7 Lhokseumawe meraih juara harapan 1 Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA terbaik se-Aceh tahun 2021. Juara 1 diraih oleh MAN Aceh Barat Daya, juara 2 MAN 1 Banda Aceh dan juara 3 diraih oleh MAN 4 Aceh Besar. Lengkapnya urutan peringkat sebagaimana keputusan Kepala  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Nomor : 041/29/Kept/2021, tanggal 8 Juni 2021. 

Pencapaian peringkat 4 bagi Perpustakaan SMA Negeri 7 Lhokseumawe sudah sangat luar biasa bagi kami. Perpustakaan sebagai pusat sumber literasi bagi warga sekolah harus memenuhi standar pelayanan minimal. Upaya yang kami lakukan untuk mewujudkan Perpustakaan yang memenuhi standar mengalami banyak hambatan terutama fasilitas. 

Motivasi kami adalah bagaimana meningkatkan minat baca siswa. Data yang dipaparkan UNESCO bahwa minat baca bangsa Indonesia 0,001%. Ternyata membangun sarana dan menyediakan fasilitas Perpustakaan lebih mudah daripada  meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan.  

Hampir bersamaan waktu lomba, Perpustakaan SMA N 7 Lhokseumawe juga sudah mengirim borang akreditasi. Semoga menjadi pengalaman yang berharga bagi kami karena akreditasi perdana.  Kami berusaha semaksimal mungkin menjadikan perpustakaan sebagai taman bacaan yang menyenangkan bagi siswa, sehingga mereka betah untuk berliterasi menjelajahi dunia, baik secara media cetak maupun digital. 

Saya kepala SMA Negeri 7 Lhokseumawe mengucapkan Terima Kasih kepada Kepala Perpustakaan dan Pustakawan SMA Negeri 7 Lhokseumawe atas kerja keras mewujudkan layanan pustaka yang layak dan memenuhi standar. Kepada Dinas Pustaka dan Kearsipan  Kota Lhokseumawe sebagai pembina dan mitra, kami haturkan terima kasih. Semoga Dinas Pustaka dan Kearsipan Aceh dan Kota Lhokseumawe dapat menjadi mitra berkesinambungan bagi SMA Negeri 7 Lhokseumawe khususnya bidang Literasi. 

Demikian komentar singkat kali ini, dan akan kita kupas bagaimana mewujudkan Perpustakaan Digital di sekolah pada artikel berikutnya. Tetaplah bersama guree.id

1 Comments

  1. SMA Negeri 7 Lhokseumawe, sudah menampilkan yang terbaik di kota lhokseumawe. Juata 4 tingkat Provinsi namun juara 1 tingkat kota lhokseumawe

    ReplyDelete