Guree.id, Lhokseumawe, 12 Mei 2020, Assalamualaikaum Warahmatullahi Wabarakatuh, Hai sahabat guree.id, Hasil penelitian yang  dilakukan oleh Anita E. Kelly, profesor psikologi di University of Notre Dame, pada tahun 2012 menyatakan bahwa semakin sedikit seseorang berbohong, maka ia akan semakin sehat dan bahagia. Penelitian tersebut dibawah proyek "The Science of Honesty" Sementara Riset yang ditulis oleh Alain Cohn, dkk  meneliti perilaku jujur masyarakat di dunia yang dilakukan selama tiga tahun. Indonesia berada di urutan ke 33 dari 40 Negara. (Tirto.id, 12 Juli 2019). 

Indonesia yang mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia tidak lah elok jika perilaku jujur berada di urutan belakang. Kejujuran merupakan karakter dasar Bangsa Indonesia. 
Setiap manusia harus memiliki akhlak yang agung ini, yaitu kejujuran. Apakah jujur itu cukup diucapkan saja sebagai hiasan bibir atau harus diwujudkan dalam bentuk sikap dan perilaku? Jujur itu harus berkata dengan perbuatan.  Ketidak jujuran bangsanya dapat membuat Negara bisa bangkrut karena korupsi dengan berbagai model dan modus. 

Hosting Unlimited Indonesia

Apakah mental kita kalah dengan seorang anak penggembala di masa khalifah Umar bin Khattab?
Suatu hari Umar bin Khattab dalam kunjungan kerjanya melihat perkembangan rakyatnya, berjumpa dengan seorang anak pengembala kambing, Khalifah Umar berkata jual sajalah  satu ekor kambing untuk saya, si pengembala menjawab, ini kambing majikan saya. Lalu Khalifah Umar terus membujuk, tidak ada siapa-siapa yang melihat hanya kita berdua saja, si anak pengembala menjawab, ada yang melihat yaitu Allah dan saya takut kepada Allah. Subhanallah keihsanan anak penggembala kambing luar biasa, kita harus yakin bahwa Allah Maha melihat apa yang kira rencana dan kerjakan.  Sahabat guree.id bagai mana kejujuran Rasulullah yang agung dan menjadi contoh bagi umatnya. 

Di atas gunung Shafa Rasulullah berkata:
“Bagaimana pendapat kalian seandainya aku kabarkan kepada kalian bahwa ada pasukan kuda di lembah sana ingin menggempur kalian, apakah kalian mempercayaiku? “Ya, kami tidak pernah mendapatimu kecuali berkata jujur.” (HR.Al-Bukhari dan Muslim).

Kesaksian Allah atas kejujuran Rasulullah, Allah berfirman yang terjemahannya:
“Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan memebenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. Az-Zumar, 39:33). Sabda Rasulullah shallallahu 'Aaihi Wassallam: “Hendaklah kalian berlaku jujur, karena kejujuran itu menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaian itu menunjukan ke surga. Dan seseorang terus-menerus berbuat jujur sampai ia dicatat di sisi Allah sebagai orang yang selalu jujur. Dan jauhilah berlaku dusta karena sesungguhnya dusta itu menunjukkan kepada kejelekan, dan kejelekan itu menunjukkan ke neraka.  (HR. Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).


Hosting Unlimited Indonesia

“Berilah jaminan kepadaku enam hal dari diri kalian, maka aku memberi jaminan surga untuk kalian. Jujurlah apabila kalian berbicara, tepatilah jika kalian berjanji, laksanakan apabila kalian diberi amanat, jagalah kemaluan kalian, tunduklah pandangan kalian, dan tahanlah tangan kalian.” (HR.Ahmad, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim)
“Pembicaraan yang paling aku cintai adalah yang paling jujur” (HR.Al-Bukhari, Abu Daud, dan Ahmad). Marilah sahabat guree.id kita bermuhasabah duri tentang kejujuran, apakah kita termasuk paling dicintai Rasulullah karena bicara yang jujur. Mari jaga lisan kita dan berlindung kepada Allah dari ketidak jujuran. 

Demikian tulisan ini  semoga bermanfaat, kritik dan saran sangat diharapkan untuk perbaikan masa yang akan datang. 
Referensi :
1.Raghib As-Sirjani, Rasulullah Teladan Untuk Semesta Alam, Insan Kamil Kartasura-Sukoharjo.
2.http://cahayamukmin.blogspot.com/2009/07/khalifah-umar-dan-pengembala-kambing.html

MARI CEGAH COVID-19 FENGAN BERPERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT, POLA HIDUP BEREH