Guree.id,
Lhokseumawe - Kemunduran dalam kemampuan literasi
peserta didik merupakan masalah serius yang perlu dipahami dengan baik. Ada
beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kemunduran tersebut. Faktor-faktor
yang memengaruhi kemunduran kemampuan literasi peserta didik serta potensi
dampaknya terhadap kemajuan belajar lintas disiplin ilmu.
1. Kurangnya Minat
Membaca
Minat baca bangsa
Indonesia sangat memprihatinkan, termasuk peserta didik di dalamnya hanya 1
orang yang membeca dari 1000 orang rakyat Indonesia. Jika membaca tidak
diminati ini menjadi faktor utama kemunduran kemampuan literasi.. Dalam era
digital seperti sekarang ini, banyak anak-anak lebih tertarik pada gadget dan
media sosial daripada membaca buku atau artikel. Minat membaca yang rendah
dapat menghambat perkembangan kemampuan literasi peserta didik karena membaca
merupakan fondasi utama dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan
berbahasa.
2. Kurangnya
Dukungan dari Lingkungan
Lingkungan tempat
peserta didik tumbuh dan belajar juga memiliki peran yang penting dalam
meningkatkan kemampuan literasi. Jika lingkungan di sekitar peserta didik
kurang memberikan dukungan dan stimuli untuk membaca dan mengembangkan
kemampuan bahasa, maka kemungkinan besar kemampuan literasinya akan menurun.
Contohnya, jika di rumah tidak ada kebiasaan membaca buku atau orang tua tidak
memberikan perhatian terhadap literasi anak, maka peserta didik akan kesulitan
untuk meningkatkan kemampuan literasinya.
Baca Juga: Idul Adha 1446 H., Hikmah dan Pelajaran dari Kisah Perjalanan Hidup Nabi Ibrahim
3. Kualitas
Pembelajaran yang Kurang Optimal
Faktor lain yang
memengaruhi kemunduran kemampuan literasi peserta didik adalah kualitas
pembelajaran yang kurang optimal. Proses belajar mengajar yang menyenangkan
dengan berbagai metode dan model suatu keharusan untuk mewujudkan pembelajaran
yang bermakna. Selain itu, kurangnya sumber belajar yang variatif dan menarik
juga dapat mempengaruhi kemampuan literasi peserta didik. Guru yang tidak mampu
memberikan pembelajaran yang menarik dan memotivasi juga dapat menjadi penyebab
kemunduran kemampuan literasi.
4. Pengaruh
Teknologi
Perkembangan
teknologi juga turut berkontribusi terhadap kemunduran kemampuan literasi
peserta didik. Meskipun teknologi memberikan kemudahan akses informasi, namun
penggunaan yang berlebihan dan kurang terkontrol dapat menggeser minat peserta
didik dalam membaca buku atau teks yang lebih mendalam. Kemampuan untuk
memahami teks formal, sastra, dan mengevaluasi isi teks pun bisa terganggu
akibat kecenderungan peserta didik untuk lebih mengandalkan informasi dari
internet daripada melalui bahan bacaan yang kredibel.
Baca Juga: Mengapa Kebijakan Jam Malam Dapat Membantu Meningkatkan Disiplin Belajar
Dampak terhadap
Kemajuan Belajar lintas Disiplin Ilmu
Kemunduran
kemampuan literasi peserta didik tidak hanya berdampak pada kemampuan membaca
dan menulis, tetapi juga dapat berpengaruh secara luas terhadap kemajuan
belajar lintas disiplin ilmu. Kemampuan literasi yang baik menjadi pondasi
penting dalam memahami materi pelajaran lintas disiplin ilmu,
menginterpretasikan informasi yang kompleks, serta menganalisis berbagai konten
dengan kritis dan reflektif. Jika peserta didik tidak memiliki kemampuan
literasi yang memadai, maka kemampuan mereka dalam belajar lintas disiplin ilmu
juga akan terhambat.
Langkah yang Dapat
Dilakukan
Untuk mengatasi
kemunduran kemampuan literasi peserta didik dan mencegah kemajuan belajar
lintas disiplin ilmu terganggu, diperlukan langkah-langkah yang konkret dan
terintegrasi. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain:
Mendorong minat
membaca dengan cara membuat suasana belajar yang menarik dan menyenangkan.
Memberikan dukungan
dari lingkungan, baik di rumah maupun di sekolah, untuk meningkatkan literasi
peserta didik.
Baca Juga: Mendalami Konsep Deep Learning: Belajar yang Bermakna dan Mendalam
Mengoptimalkan
kualitas pembelajaran dengan metode yang inovatif dan interaktif.
Mengatur penggunaan
teknologi secara bijak dan membatasi akses yang kurang mendukung peningkatan
kemampuan literasi.
Dengan
langkah-langkah yang tepat dan dukungan yang baik dari berbagai pihak,
diharapkan kemampuan literasi peserta didik dapat kembali meningkat dan
memperkuat kemajuan belajar lintas disiplin ilmu secara keseluruhan.
0 Comments