Guree.id, Lhokseumawe - Mengukur kemajuan literasi peserta didik setelah integrasi kegiatan membaca dengan kurikulum merupakan langkah penting untuk mengevaluasi efektivitas program literasi yang telah dilakukan. Berikut adalah beberapa metode dan strategi yang dapat digunakan untuk mengukur kemajuan literasi setelah integrasi kegiatan membaca:
1. Uji Kemampuan
Membaca dan Memahami Teks
Menggunakan tes
standar atau tes yang telah disiapkan secara khusus untuk mengukur kemampuan
peserta didik dalam membaca teks formal atau sastra.
Meminta peserta
didik untuk menjawab pertanyaan factual, inferential, dan evaluative
berdasarkan bacaan yang telah disediakan.
2. Analisis
Kualitatif Bahan Tulisan
Melakukan analisis
terhadap tulisan atau proyek yang dihasilkan peserta didik setelah melakukan
kegiatan membaca terintegrasi.
Menilai kemampuan
peserta didik dalam menginterpretasikan dan merefleksikan isi bahan bacaan
secara kritis dan kreatif.
Baca Juga: Tips Praktis Mendorong Minat Baca Siswa
3. Observasi
Perilaku Membaca
Melakukan observasi
terhadap kegiatan membaca peserta didik selama proses pembelajaran.
Merekam interaksi
peserta didik dengan bahan bacaan, minat membaca, dan strategi yang digunakan
dalam memahami teks.
4. Penilaian
Portofolio
Meminta peserta
didik untuk menyusun portofolio yang berisi rangkuman bacaan, refleksi pribadi,
dan hasil karya yang terkait dengan kegiatan membaca.
Mengevaluasi
kemajuan literasi peserta didik berdasarkan portofolio yang disusun secara
berkala.
5. Kuesioner atau
Wawancara
Melakukan kuesioner
atau wawancara kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat minat mereka
terhadap membaca setelah integrasi kegiatan membaca.
Menyusun pertanyaan
terstruktur yang menggali persepsi peserta didik tentang manfaat membaca dan
perubahan perilaku membaca setelah program literasi.
6. Tes Pre- dan
Post-Implementation
Melakukan tes
kemampuan membaca sebelum dan setelah implementasi kegiatan membaca
terintegrasi.
Membandingkan hasil
tes sebelum dan sesudah integrasi untuk mengetahui perubahan kemampuan literasi
peserta didik.
Baca Juga: Idul Adha 1446 H., Hikmah dan Pelajaran dari Kisah Perjalanan Hidup Nabi Ibrahim
7. Evaluasi Diri
dan Peer Assessment
Mendorong peserta
didik untuk melakukan evaluasi diri terhadap kemampuan literasi mereka sendiri
setelah integrasi kegiatan membaca.
Melibatkan peer
assessment di antara peserta didik untuk saling memberikan umpan balik terkait
kemajuan literasi masing-masing.
0 Comments