GUREE.ID, LHOKSEUMAWE, 5 Januari 2020, Branding sekolah adalah Keunggulan sekolah, atau ciri khas, keunikan sekolah  yang dimunculkan berdasarkan potensi lingkungan, peluang yang ada, dan memperoleh dukungan dari seluruh warga sekolah dan orang tua peserta didik. Setiap sekolah memiliki branding tersendiri yang berbeda dengan satuan pendidikan lain. Satu pertanyaan yang perlu kita jawab, mengapa sekolah swasta lebih diminati oleh masyarakat, karena Sekolah swasta bisa menawarkan keunggulan dan jaminan bagi lulusannya. Semisal hafal Al-quran 3 Juz, 5 Juz atau 10 Juz. Serta keunggulan lainnya seperti ahli robotika, panahan. Keunggulan lain yang ditawarkan sekolah swasta sangat mendasar adalah membentuk integritas siswa. Tidak mudah membudayakan sikap jujur pada anak. Masih segar dalam ingatan kita, bahwa  siswa kelas XII salah satu SMA swasta pernah di disc dari UN karena ketahuan membawa kopean. Padahal siswa tersebut masih di luar ruangan ujian.

Mengapa ada sekolah negeri sudah mulai ditinggalkan oleh calon siswa, jawabannya adalah tidak memiliki keunggulan yang ditawarkan kepada calon siswa. Keunggulan yang dimaksud tidak mesti harus akademik saja melainkan di bidang ekstrakurikuler juga merupakan keunggulan. Namun keunggulan akademik tetap porsinya lebih besar sebagai contoh sekolah menjamin alumninya bisa menduduki bangku PTN sebesar 70%. BRANDING lain yang bisa dimunculkan adalah membentuk sikap Integritas siswa, karena kejujuran merupakan urutan pertama seseorang itu sukses.  Untuk apa akademik siswa bernilai 100 tetapi kelakuannya nihil. Besar sekali peluang sekolah negeri untuk memunculkan berbagai keunggulan, ini sangat beralasan karena guru dan sarpras tersedia dengan cukup dan memadai merupakan salah satu kekuatan besar. 

Tidak mudah untuk bisa memunculkan branding sekolah, melainkan seorang kepala sekolah yang memiliki kepribadian yang baik, manajerial  teruji, semangat inovasi dan etos kerja yang tinggi serta kepala sekolah yang memposisikan Guru, staf Tu dan siswa sebagai aset sekolah. Kepala sekolah harus bisa memunculkan BRANDING sekolah, jika tidak sekolahnya akan ditinggalkan oleh calon siswa dan masyarakat. Brabding bersaing secara sehat mengantarkan sekolah menjadi pilihan masyarakat buat putra putrinya untuk meraih masa depan yang lebih kompetitif dan daya saing global. Kepala sekolah yang sukses adalah kepala sekolah yang bisa mengantarkan alumninya  ke PTN dan bursa kerja. Kepala sekolah yang sukses adalah kepala sekolah yang bisa menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan bagi siswa, sehingga mewujudkan PBM yang berkualitas. 
Demikian yang dapat Saya bagikan kali ini, silahkan anda beri komentar.