Banyak orang pintar dengan IQ di atas rata-rata tetapi hidupnya tidak sukses. Banyak bintang kelas dengan prestasi nilai akademik yang tinggi tetapi banyak juga tidak bisa mengantar mereka untuk meraih sukses. Memang sukses itu sendiri berbeda penafsiran menurut kaca mata mana yang digunakan untuk mengukur kesuksesan. Mendapatkan pekerjaan tetap, hidup mapan dan punya keluarga dan fasilitas kehidupan mungkin itu juga salah satu kesuksesan.

Yang menarik kita kaji bahwa untuk meraih sukses tidak ada jaminan bagi orang mempunyai nilai tinggi, prestasi akademik harus cumlaude. alumni sekolah favorit, Tetapi sangat tergantung pada faktor lainnya. Saya mengajar sejak tahun 1992 sampai dengan sekarang mulai dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, ketika jumpa dengan siswa saya dalam dunia kerja ia bukan bintang kelas, bukan yang lulus cumlaude. Tetapi justru mereka yang aktif di Ekskul, OSIS, aktif di BEM dan Organisasi lain dengan prestasi akademik sebatas KKM. Arah kebijakan pembangunan sumber daya manusia Indonesia cukup jelas bahwa Pendidikan Berkarakter, karena melalui penguatan pendidikan karakter soft skill dapat dibentuk. Soft skills merupakan kecerdasan sosial, keterampilan sosial, berinteraksi dengan banyak orang dan pengalaman menyelesaikan masalah sosial kemasyarakatan. Berbicara dengan bahasa dengan bahasa yang santun, kepribadian yang menarik bagian dari soft skills. 
Untuk meningkatkan soft skill bisa dengan cara membaca dan mendalami pengalaman orang kemudian berlatih. 
Hasil riset Thomas J. Stanley dari 100 faktor yang mempengaruhi kesuksesan, faktor IQ menempati urutan ke 21 dan sekolah favorit diurutan ke 23 sedangkan prestasi tinggi berada di urutan ke 30. Berikut 10 Faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang:

1.Kejujuran (Being honest with all people)
2.Disiplin keras (Being well-disciplined)
3.Mudah bergaul (Getting along with people)
4.Dukungan pendamping (Having a supportive spouse)
5.Kerja keras (Working harder than most people)
6.Kecintaan pada yang dikerjakan (Loving my career/business)
7.Kepemimpinan (Having strong leadership qualities)
8.Kepribadian kompetitif (Having a very competitive spirit/personality)
9.Hidup teratur (Being very well-organized)
10.Kemampuan menjual ide (Having an ability to sell my ideas/products)

Luar biasa, kejujuran merupakan  faktor utama yang berpengaruh terhadap kesuksesan.  Kejujuran sebagai modal utama dalam meraih sukses, disamping faktor disiplin dan 8 faktor lainnya. Semua faktor  diatas identik dengan nilai karakter peserta didik yang harus dicapai atau soft skill..

Faktor mudah bergaul di urutan ketiga, faktor ini identik dengan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan Intrapersonal. Ada sebagian orang mudah sekali bergaul dan mudah juga lupa, ada orang yang lama beradaptasi tetapi begitu berbaur menjadi sangat akrab dan sudah untuk mnelupakan. 
Faktor lain yang lebih menarik adalah kemampuan menjual ide,  ide itu mahal maka setiap ide itu datang harus di buku kan dan didokumentasikan walaupun belum dilaksanakan. Untuk bisa melahirkan ide tidak terlepas dari wawasan pengetahuan dan pengalaman belajar dan beraktivitas seseorang. Ide itu lahir dari suatu fenomena dan kaitan dengan konsep dan teori lain maka harus memiliki wawasan yang cukup untuk itu.

Demikian yang dapat saya bagikan kali ini semoga bermanfaat. Salam sukses selalu (by:mukhtarilyas)