guree.id, Lhokseumawe, 10 April 2020

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Hai sahabat guree.id apa kabar anda ini semoga lebih bersemangat dan sukses menjalankan aktivitas rutinitas anda. Kerja ikhlas, cerdas dan tuntas.

Kali ini saya ingin berbagi satu pepatah Aceh mudah-mudahan dapat memberi motivasi kepada kita. Orang tua bilang “MEUNYO HANA SUNGGOEH TAMITA PANE HARTA RHEUT DI MANYANG, MENYO SUNGGOEH TA USAHA ADAK HAN KAYA TADUEK SENANG”  Kata pepatah di atas, memberi pelajaran kepada kita bahwa berusaha dan bekerja keras untuk memperoleh sesuatu kebutuhan hidup. Tidak mungkin datang sendiri materi kebutuhan kita jika tidak sungguh-sungguh berusaha. Pepatah di atas memberikan makna yang sangat dalam kepada kita, sangat sering kita dengar dari indatu kita dahulu. 

Janganlah jadi kita sebagai orang yang selalu berucap "Ya Gani Ya Gani Neubi Peng Saboh Guni" artinya bermohon kepada Allah uang  satu karung tapi tidak pernah melakukan proses. Tidak Berusaha kerja , tidak ikhtiar, ibadah pokok tidak ada, langsung berdoa, apa mungkin apa yang diharapkan ada.  Atap rumah sudah bocor, serahkan pada Allah. Jadi usahalah untuk mencari tukang atau perbaiki sendiri jangan berpangku tangan.

Dalam hidup ini banyak kita lihat orang jadi pengangguran pada hal itu bukan pilihan, tetapi terpaksa, ada juga sebagian yang bekerja bukan pada keahliannya itu juga terpaksa. Jangan katakan anda menganggur ketika pekerjaan tidak sesuai dengan kualifikasi ijazah yang anda miliki. Nikmati saja rahmat dan  nikmat yang telah singgah pada kita, Semoga barokah. Bekerjalah dengan jujur, tekun, gigih, dan ulet. Bekerjalah dengan tulus dan ikhlas karena bekerja itu adalah ibadah. Sungguh mendapatkan kebaikan di sisi Allah mencari rezeki buat keluarga. 

Untuk memperoleh hasil tentu ada proses yang kita lewati yaitu Usaha, Ikhtiar, Doa dan Tawakkal. Jika langkah tersebut kita penuhi Insha Allah menjadi mudah.  Dan syukurilah apa yang telah ada, dan jadilah kita sebagai hamba yang cerdas mensyukuri rahmat dan nikmat yang Allah berikan kepada kita. Kita hidup di Indonesia, negeri yang subur dan makmur kalau kata Koesplus "Tongkat dan Batu Jadi Tanaman".

Mari kita bekerja dengan sungguh-sungguh sebagaimana amanah orang tua kita dulu, bekerjalah sebelum matahari tinggi dari peraduan.  Semangat yang tinggi dalam berusaha, janganlah jadi generasi penonton biarlah kita jadi pemain. Dan mari kita wariskan semangat kerja keras dan berpikir cerdas kepada generasi kita mendatang. 

Demikian sekelumit motivasi edisi Jum'at hari ini, semoga bermanfaat.

 by.guree.id

MARI CEGAH COVID-19