Kompetisi Sains Nasional Sekolah (KSN-S) Mekanisme UNBK, Lihat Persyaratannya

GUREE.ID, LHOKSEUMAWE,  Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah( KSN-S)  sudah berlangsung dimasing –masing sekolah  dan sekarang dalam tahap pembimbingan untuk menuju seleksi tingkat Kabupaten/Kota. Setiap  sekolah harus mengirim 3 orang peserta untuk masing-masing mata lomba. Para Juara Kabupaten/Kota berhak ikut seleksi tingkat provinsi.  Duta KSN-P berhak mendapatkan tiket KSNPersyaratan umum bagi peserta KSN  yang menyangkut dengan akademik dan perilaku adalah Memiliki nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran dan memiliki sikap yang baik serta  tidak terlibat dan/atau memakai narkoba dibuktikan dengan surat keterangan.  

Baca juga: Laporan Dana BOS 2019 dan 2020 Uji Petik Oleh Inspektorat

Persyaratan khusus SMA/MA, Peserta didik berasal dari kelas X dan XI untuk semua mata lomba, dan persyaratan Khusus akademik untuk setiap Mata lomba sebagai berikut:

1. Matematika, memiliki nilai Matematika (wajib dan peminatan) tidak kurang dari 80;

2.  Fisika, nilai Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80;

3. Kimia, Memiliki nilai Kimia, Matematika dan Bahasa Inggris tidak kurang dari 80;

4. Informatika, Memilikinilai Matematika (wajib dan peminatan) tidak kurang dari 80;

5. Biologi, Memiliki nilai Biologi & Bahasa Inggris untuk SMA/MA tidak kurang dari 80;

Baca juga: Memberi Maaf Lebih Mulia, Tetapi Apa Yang Terjadi

6. Astronomi, , siswa harus memiliki nilai Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80;

7.Ekonomi, Memiliki nilai Ekonomi dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80, dan Bagi peserta didik dengan peminatan IPA (boleh jika tidak ada peminatan IPS) memiliki nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80;

8. Kebumian, Memiliki nilai Matematika, Fisika atau Geografi, dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80;

9.Geografi, wajib memiliki nilai Matematika   atau Fisika, atau Biologi  atau Geografi (wajib atau peminatan),  dan Bahasa Inggris masing- masing minimal 80. 

Itulah kriteria persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh setiap peserta didik yang terpilih sebagai duta KSN-S di sekolah untuk mewakili ke jenjang seleksi berikutnya. Persyaratan di atas sesuai dengan surat Pemeberitahuan Pusat Prestasi Nasional Nomor 0180/J3/KP/2021, tanggal 3 Maret 2021.  

Baca Juga: Muhasabah Bulan Rajab

Pelaksanaan KSN-Kabupaten/Kota tahun 2021 mengikuti Mekanisme UNBK pada sekolah masing-masing yang direncanakan bulan April 2021. Sekolah yang memenuhi persyarataan teknis dapat mengisi form verifikasi yang diminta oleh Pusat Prestasi Nasional.  Persyaratan teknis dimaksud sama dengan persyaratan UNBK ditambah dengan Protokol Kesehatan.  Tersedianya SDM yang mengerti Komputer atau teknisi dan proktor, Adanya perangkat komputer dan server, Adanya perangkat jaringan LAN, Adanya jaringan internet, Bandwith stabil, Adanya genset. 

Persyaratan teknis tersebut sesuai dengan Surat Pusat Prestasi Nasional Nomor 0181/J3/TI/2021, tanggal 3 Maret 2021, tentang Verifikasi data sekolah tempat pelaksanaan KSN-K 2021. Tidak sulit bagi sekolah yang sudah pernah melaksanakan UNBK pada tahun 2019. Yang lebih sulit mungkin mempersiapkan peserta didik yang berprestasi, peserta didik yang jujur, displin, sportif, tekun kreatif, tangguh dan cinta tanah air. Sebagaimana tujuan penyelenggaraan KSN yaitu untuk memfasilitasi bakat siswa, minat dan prestasi siswa di bidang sains. Harapan kita semua waklaupun masih kondisi Pandemi Covid-19 tidak mengendor semangat siswa dalam berkompetisi. 

Baca : UMSU Beri Beasiswa Penuh Bagi Calon Mahasiswa Hafidz 30 Juz

Raihlah mimpi kalian menjadi juara di ajang yang sangat bergensgsi ini dan harapan bertambah deretan juara sains ditingkat Internasional. Kuasialah dunia melalui Kompetisi Sains Internasional. Kepada Bapak ibu  guru selaku guru pendamping dan pembimbing, bimbinglah mereka dengan sepenuh hati. Rencanakan pencapaian target maksimal, jangan minimal. Kepada Orang tua yang anaknya terpilih sebagai duta KSN Sekolah mohon kontribusi dan dukungannya. Terimakasih sudah singgah di www.Guree.id, saran dan komentar anda sangat diharapkan. 

0 Comments