Laporan Dana BOS Tahun 2019 dan 2020 Uji Petik oleh Inspektorat

GUREE.ID, LHOKSEUMAWE, Akhir dari sebuah program wajib membuat laporan, bertujuan sebagai bahan evaluasi apakah realisasi nya sesuai rencana atau kurang. Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) yang dilaksanakan selama satu tahun dengan sumber dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) Nasional harus dipertanggungjawabkan. Tata cara pelaporan mengacu kepada Petunjuk Teknis BOS. Lakukan saja sesuai petunjuk supaya laporan tidak ada temuan macam-macam.

Baca juga:  Buku Kerja Kepala Kepala dan Isu Pendidikan

Laporan BOS dan Pembinaan Inspektorat 

Semua sekolah SD/MI,,SMP/MTs, SMA/SMK/SLB, setiap akhir tahun atau awal tahun Anggaran menerima  tim inspektorat Provinsi atau Inspektorat Kabupaten/Kota untuk sekolah SD/MI dan SMP/MTs dalam rangka pembinaan berdasarkan laporan BOS/AFIRMASI/BOMM yang telah disusun. Pengalaman kami dalam melayani pemeriksaan dan menerima  Pembinaan dari Inspektorat. Berdasarkan pengalaman dan Petunjuk Teknis BOS Kelengkapan Administrasi untuk laporan BOS sebagai berikut:

  1. RKJM tahun 2019 dan 2020;

  2. RKT tahun 2019 dan 2020;

  3. RKAS tahun 2019 dan 2020;

  4. LPJ BOS Tahap I,II dan III,  meliputi Rekapitulasi, Kwitansi, daftar inventaris, foto kegiatan dan barang.

Sinkronisasi antara jumlah uang masuk dengan yang dibelanjakan harus balance dan dibuktikan dengan bukti fisik. Jika daftar buku yang dibeli 100 buah, posisi pada rak perpustakaan 70 buah, 30 buah berada pada siswa, kondisi seperti ini harus bisa ditunjukkan daftar peminjam untuk 30 buku. 

Baca juga: LaporanSekolah Yang Baik Berkorelasi Positif  Dengan Tim  Work Yang Solid

Apakah ada sekolah yang laporan BOS belum siap?, bisa jadi ada, tetapi tidak ada  alasan. Semua terencana, sebelum di bina/diperiksa tentu diawali dengan surat pemberitahuan dari Dinas Pendidikan. Sebenarnya bukan persoalan tidak mampu dalam menyusun laporan. Tetapi lebih kepada ketidakdisiplinan bendahara dan kurang perhatian dari kepala sekolah. Laporan bisa dicicil per kuartal, jadi tidak menumpuk sekaligus pada tahap terakhir. Alasannya jelas, karena berhubungan dengan mitra, seperti kwitansi dan stempel.

Baca juga: 

Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Yang Aspiratif

Anggaran Pendidikan di Sekolah

Kepala sekolah tidak boleh menyerahkan sepenuhnya kepada bendahara, sebelum memulai kegiatan kuartal kedua pastikan laporan kuartal pertama sudah selesai, dan sampai dengan tahap ketiga. Demikian sekelumit pengalaman kami dalam pelaporan Dana BOS semoga bermanfaat. "Jangan Panik, mereka juga manusia". Berilah alasan logis jika ada pertanyaan, jujur saja tidak usah berbelit, dan siap untuk memperbaiki. Yang perlu di garis bawahi bahwa laporan diverifikasi per lembar.

0 Comments