GUREE.ID, TAKENGON, 22 November 2020, Hai sahabat guree.id semoga akhir pekan anda bersama keluarga selalu mendapat berkah dari Allah S.W.T. dan bahagia. Kepala sekolah sebagai administrator juga sebagai inovator. Kepala sekolah harus berani melakukan inovasi dalam pembelajaran di sekolah untuk mewujudkan Aceh carong, hebat dan bermartabat, demikian dikatakan Drs.Amiruddin, Kabid SMA dan PKLK Dinas Pendidikan  Provinsi Aceh dalam arahannya pada Rakor MKKS SMA Se Aceh di Takengon, yang berlangsung dari tanggal 16 s.d 19 November 2020.


Berbagai strategi harus dilakukan oleh Kepala sekolah untuk menjalin komunikasi dengan semua stakeholder, yang berguna untuk memperoleh masukan. Kepala sekolah harus mampu melahirkan gagasan baru, ide-ide baru serta dapat mengimplementasikan dalam setiap kegiatan.  Kepala sekolah dapat menampung atau meminta saran dari wakil/staf untuk sebuah perubahan. Perubahan itu dimulai dari Kepala sekolah, dan bisa menjadi teladan bagi warga sekolah.

Kepala sekolah harus memprioritaskan mutu dan kecakapan hidup dalam penyusunan RKAS. Lakukanlah perubahan, banyak hal yang bisa dilakukan antara lain dengan membentuk kelas inti dan staf pengajarnya guru inti, atau lakukanlah bimbingan silang dengan sekolah lain. Sekolah bisa  bekerja sama dengan bimbingan belajar. Aktifkan MGMP sekolah dan MGMP Kabupaten/Kota. Mutu sekolah secara akuntabilitas publik bisa terukur melalui jumlah alumni yang dapat menduduki bangku Perguruan Tinggi Negeri. 

Pekerjaan yang tidak mudah dalam mendidik adalah merubah perilaku peserta didik. Membutuhkan strategi dan waktu untuk terjadi perubahan, dan penguatan pendidikan karakter juga dimulai dari kepala sekolah. Kepala sekolah menjadi teladan bagi warga sekolah. Untuk bisa berubah lakukan pembiasaan yang positif dari pribadi dan menjadi kebiasaan umum. 

Kunci perubahan ada pada kepala sekolah, marilah berinovasi dan menjadi model perubahan. 

Demikian yang dapat saya bagikan malam ini, semoga bermanfaat.