ASESMEN NASIONAL DIUNDUR, SEKOLAH PUNYA KESEMPATAN MEMPERSIAPKAN DIRI LEBIH OPTIMAL

GUREE.ID, LHOKSEUMAWE, 20 Januari 2021, Mendikbud akan menunda pelaksanaan Asesmen Nasional. Jadwal pelaksanaan  Asesmen Nasional seharusnya bulan Maret diundur pada bulan September-Oktober 2021. Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan dalam rapat bersama komisi X secara Virtual , Penundaan Asesmen Nasional, disebabkan adanya peningkatan pandemi Covid-19. Demikian detiknews melansir  edisi  Rabu 20 Januari 2021.


Lebih lanjut pak Menteri mengatakan penundaan ini juga sebagai langkah persiapan Asesmen Nasional yang lebih optimal, baik protokol kesehatan maupun infrastrukturnya. 

Baca juga:
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca dan Numerasi

Sekolah juga memiliki kesempatan yang lapang untuk membuat persiapan dengan adanya pelaksanaan Asesmen Nasional diundur. Asesmen Nasional tahun 2021 untuk memetakan mutu pendidikan disetiap jenjang, agar dapat mengetahui titik lemah setiap satuan pendidikan. Dengan demikian dapat disusun langkah perbaikan. Adanya pemetaan jelas diketahui sekolah mana yang paling butuh bantuan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.

Baca juga:
Survey Karakter

Asesmen tahun 2021 fokus pada  pemetaan mutu dengan menguji siswa kelas XI menggunakan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Literasi membaca dan Numerasi, Survey karakter dan survey lingkungan Belajar. Sekolah harus persiapkan secara holistik, mulai dari perencanaan  proses pembelajaran, dan pembentukan karakter pelajar pancasila. Sekolah harus memberikan kondisi nyaman belajar belajar bagi siswa. 

Baca juga:

Asesmen Nasional: Survey Lingkungan Pembelajaran

Asesmen Nasional kiranya dapat menjadi motivasi bagi sekolah untuk berbenah dari berbagai kekurangan yang selama ini diukur dengan Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP).

Sumber:

Mendikbud: Asesmen Nasional di undur Jadi September-Oktober 

0 Comments