Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) SMA Yang Aspiratif

GUREE.ID,LHOKSEUMAWE, 5 Januari 2021, Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah  (RKAS) kapan idealnya disusun. RKAS dijabarkan dari Rencana Kerja Tahunan (RKT). Jika dalam RKT belum muncul angka secara spesifik sementara dalam RKAS sudah dimunculkan sesuai dengan program yang telah disusun. Jika dilihat dari karakter RKAS sebenarnya lebih dominan bendahara yang memunculkan angka dengan mengacu kepada RKT dan juknis BOS, Jika sumber dana dari BOS. 

RKT sudah ada dalam RKJM, namun ketika tahun berjalan perlu dirapatkan kembali untuk membahas atau menambah kegiatan yang belum terakomodir dalam RKT. Penyusunan RKT  oleh Tim Pengembang sekolah. RKT dan RKAS dapat  diplenokan dalam rapat dewan guru untuk mendapat masukan. RKAS bisa saja berubah sebagai contoh yang kita alami tahun 2020 mengalami perubahan juknis BOS. 

BACA JUGA:

ANGGARAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH

RKAS yang aspiratif, yaitu RKAS yang sesuai dengan hajat warga sekolah dan aturan yang berlaku. Ketika ada program yang diusulkan dari bawah, tugas bendahara dan kepala sekolah untuk mengkaji mata anggaran mana yang relevan untuk dialokasikan dana kegiatan. Maka harus dianalisa juknis BOS atau BOSDA jika ada. Jika mata anggaran tidak ada atau yang relevan tidak bisa ditampung, tetapi itu jarang terjadi karena Juknis BOS memudahkan sekolah dalam menyusun RKAS.

KLIK:

PERUNDUNGAN SISWA INDONESIA MENCAPAI 41%

Jika RKT sudah ada sangat membantu dan mudah dalam menyusun RKAS. Program kegiatan sudah ada rincian yang sesuai dengan mata anggaran yang ada pada juknis, jadi tidak meraba lagi dalam menjalankan aktivitas sekolah selama satu tahun. Arahnya jelas dan target yang ingin dicapai bisa dievaluasi setiap kuartal. Bendahara atau pemegang kas wajib memberitahukan Kepala sekolah tentang  realisasi anggaran. 

PAHAMI:

ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) LITERASI BACA DAN NUMERIK

Fungsi bendahara salah satunya adalah sebagai pengendali keuangan. Setiap pengeluaran berpedoman kepada RKAS. Bendahara bukan sebagai brankas tetapi tugasnya jelas, ikut menyusun dan merencanakan, pengendalian dan membuat laporan realisasi kegiatan anggaran sekolah.  Perencanaan yang baik, pelaksanaan realisasi anggaran yang sesuai RKAS akan memudahkan dalam membuat laporan. 

Menyusun RKAS yang aspiratif berdasarkan RKT dapat meningkatkan mutu sekolah.  

0 Comments